Banyak Kades tak Tertib Administrasi di Kolut – Kendari Pos
Kolaka Utara

Banyak Kades tak Tertib Administrasi di Kolut

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah menuntaskan pengelolaan keuangan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Salah satu temuannya adalah masih banyak kepala desa (Kades) yang tidak tertib administrasi. BPK meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kolut agar mengintensifkan pendampingan ke sejumlah desa-desa.

Ilustrasi Kdes di Kolut saat acara pelantikan.

Kepala DPMD Kolut, Taufiq Burhan mengatakan BPK meminta agar beberapa desa melakukan pembenahan soal administrasi. Sebab masih ditemukakan pelaporan yang bermasalah. “Kades membangun infrastruktur di desa mengunakan Dana Desa (DD), hati-hati karena jika di dalamnya ada penyelewengan maka akan diproses secara hukum,” ujarnya.

Oleh karena uang negara yang dikelola kepala desa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah tentunya mendapat pengawasan dari banyak pihak. Pemanfaatannya harus tepat perencanaandan sasaran karena menjadi salah satu hal mendasar yang mendorong percepatan pembangunan dan ekonomi dari pelosok.

Taufiq menjelaskan dalam APBdes terbagi dua alokasi anggaran. selain DD, ada pula Alokasi Dana Desa (ADD). Jumlahnya bervariasi di setiap desa. Terendah sekira Rp700 juta dan tertinggi Rp 1,6 miliar. Taufiq memandang meski para kades menggarap program infrastruktur, namun secara umum dipandang masih minim baik jalan desa, jembatan, drainase hingga irigasi maupun fasilitas publik lainnya. “Kepala desa yang mendapat catatan terkait perbaikan administrasi harap berbenah,” pungkasnya. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top