Bantuan BSPS Kementerian PUPR : Busel Rp3,5 Miliar, Kolaka Rp3,1 Miliar – Kendari Pos
Buton Selatan

Bantuan BSPS Kementerian PUPR : Busel Rp3,5 Miliar, Kolaka Rp3,1 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Rumah warga Kabupaten Buton Selatan (Busel) dam Kolaka akan direhabilitasi. Sekira 200 warga mendapat sentuhan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR RI di Busel dan 178 di Kolaka. Nilainya bervariasi. Di Busel sekira Rp3,5 miliar dan Kolaka sekira Rp3,1 miliar. Ratusan unit rumah warga itu tersebar di delapan desa di dua kecamatan di Busel. Plt. Bupati Busel, H.La Ode Arusani mengatakan program BSPS itu digunakan untuk meningkatkan kualitas rumah 200 warga akan ditingkatkan. “100 unit rumah di Kecamatan Batauga dan 100 unit di Kecamatan Batuatas. Satu unit rumah dianggarkan Rp17,5 juta,” ujarnya,kemarin.

Foto bersama usai penyerahan buku tabungan program BSPS Kabupaten Buton Selatan tahun 2019.

Ketua Tim Kasatker PPK Sultra, Musniar Mucthar Silondae mengatakan warga penerima BSPS tidak menerima uang tunai. Mereka hanya diberikan material bangunan. “Bahan bangunan diberikan sesuai kebutuhan. Masyarakat diberdayakan dalam pekerjaannya untuk menumbuhkan semangat gotong royong,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Cabang Bank Sultra Kota Baubau, Tukiman mengatakan bantuan BSPS disalurkan melalui Bank Sultra dalam dua tahap. “Dari total Rp17,5 juta setiap unit rumah itu, terbagi atas Rp15 juta untuk material dan Rp2,5 juta untuk upah pekerja,” terangnya.

Di tempat terpisah, Bupati Kolaka H Ahmad Safei menyerahkan dana bantuan kepada penerima yang huniannya berkategori rumah tidak layak huni (RTLH), Selasa (30/7). Satu warga berhak menerima Rp17,5 juta. Jika dikalikan 178 orang penerima maka total bantuannya sekira Rp3,1 miliar. Orang nomor satu di Bumi Mekongga itu menyerahkan buku tabungan kepada 178 pemilik RTLH yang tersebar di Kecamatan Kolaka dan Latambaga.

Ahmad Safei mengungkapkan bantuan RTLH tersebut diberikan kepada warga berpenghasilan rendah. “Bantuan ini bertujuan untuk peningkatan  kualitas RTLH. Tim fasilitator yang akan memantau dan memfasilitasi pembangunan rumah,” tuturnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kolaka, H. Abbas menjelaskan jumlah RTLH di Kolaka hingga saat ini sekira 3.848 unit. “Pemkab Kolaka telah membantu perbaikan rumah warga sebanyak 1.846 unit dengan total anggaran Rp27,46 miliar. Anggaran itu bersumber dari APBD, APBN, CSR PT Antam Tbk, termasuk bantuan rumah swadaya tahun 2019 ini,” ungkapnya. (mel//fad/b

Delapan Desa/Kelurahan Penerima BSPS di Busel

Kecamatan Batauga Unit

Desa Lampanairi 25
Desa Bola sebangak 40
Kelurahan Pogalampa 35

Kecamatan Batuatas

Batuatas Barat 20
Batuatas Liwu 20
Desa Wambongi 20
Desa Wacuala 20
Desa Tolando Jaya 20

Total anggaran : Rp3,5 miliar
Satu unit rumah senilai : Rp17,5 juta

Di Kolaka sekira 178 BSPS disalurkan
Tersebar di Kecamatan Kolaka dan Latambaga

Sumber : Pemkab Busel dan Kolaka

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top