Bantu Korban Banjir di Konawe dan Konut, Pemprov akan Bangun 1.042 Huntara – Kendari Pos
Metro Kendari

Bantu Korban Banjir di Konawe dan Konut, Pemprov akan Bangun 1.042 Huntara

KENDARIPOS.CO.ID — Pemulihan pascabanjir Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut) terus dilakukan. Warga yang terdampak banjir akan dibangunkan hunian sementara (Huntara). Pemerintah Provinsi (Pemprov) berencana membangun Huntara tahun ini buat 1.042 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra, H. Boy Ihwansyah

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra, H. Boy Ihwansyah mengatakan saat ini pembangunan bantuan perumahan buat warga Konut dan Konawe masih terkendala soal relokasi. Pada bencana banjir, pemerintah tidak akan membangun Huntara di lokasi awal rumah warga. Karena lokasi itu dianggap rawan bencana, sehingga perlu dilakukan relokasi.

“Rencana relokasi korban banjir Konut sudah hampir tuntas. Jadi tahun ini yang akan dibangun itu Huntara. Nanti tahun 2020, baru akan dibangunkan Hunian Tetap (Huntap). Warga Konut terdampak banjir sebanyak 826 KK, Konawe sebanyak 116 KK. Jadi setiap KK akan dibangunkan masing-masing satu Huntara,”katan Boy di ruang kerjanya, Selasa (30/7).

Warga yang menjadi korban banjir Konut, kata dia, setuju untuk direlokasi. Pihaknya juga sudah melakukan kunjungan ke titik yang akan menjadi kawasan relokasi, yakni Kelurahan Asera, Tapuwatu, Tangguluri dan Andowia. Sementara untuk merelokasi warga Konawe, kata dia, pemerintah masih mencari lahan yang tepat. “Tapi kemungkinan hanya satu lokasi saja di Konawe. Sebab tiap lokasi, jumlah hunian yang dibangun kurang lebih 100,”jelasnya.

Dalam relokasi ini, Boy mengungkapkan, warga juga meminta dibangunkan fasilitas penunjang, sebab relokasi ini berada di wilayah ketinggian. Hal ini untuk menghindari terulangnya bencana banjir. “Namun daerah relokasi tersebut jauh dari infrastruktur pendukung sosial dan ekonomis. Misalnya, pasar, sekolah serta rumah ibadah. Dan Pemkab Konut bersedia membangun fasilitas tersebut jika relokasi sudah dibangun,” pungkasnya. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy