Armada Ditambah, Pelabuhan Tobaku Kolut Direhabilitasi – Kendari Pos
Kolaka Utara

Armada Ditambah, Pelabuhan Tobaku Kolut Direhabilitasi

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah penumpang rute pelabuhan Tobaku, Kolaka Utara menuju pelabuhan Siwa di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) terus meningkat. Dua armada melayani rute itu tak mampu mengakomodir meningkatnya penumpang. Tambahan armada dinilai dapat menjawab peningkatan penumpang. Di sisi lain, penambahan ruang sandar feri menjadi konsekuensi tersendiri.

Kondisi Pelabuhan Tobaku, Kolaka Utara saat ini masih belum maksimal untuk menampung jumlah penumpang dan tingginya arus lalu lintas armada feri.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kolut memastikan akan ada tambahan satu armada feri yang melayani rute Tobaku-Siwa.
Untuk memberi ruang tambahan armada, maka pelabuhan Tobaku akan direhabilitasi total tahun 2020 melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra.

Dermaga sementara sedang diupayakan pengerjaannya untuk kapal melakukan bongkar muat. “Dermaga daruratnya dikerjakan tahun ini dan 2020 dilakukan rehabilitasi total,” ujar Junus, Kepala Dishub Kolut, Junus kepada Kendari Pos, Kamis (25/7). Junus mengatakan satu unit armada disediakan PT. Afta Trans Mandiri, pemilik KMP. New Camellia. Feri itu masih dalam proses pengerjaan digalangan kapal Makassar, Sulsel.

“Jadi tahun ini akan ada tiga armada melayani pelayaran Tobaku-Siwa,” ujarnya. Menurut mantan Asisten II Setda Kolut itu upaya peningkatan jumlah armada dan rehabilitasi pelabuhan memang sangat diperlukan seiring meningkatnya mobilitas arus penyeberangan. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top