Ada 11 Gugatan Pilcaleg dari Sultra, Sidang Perdana Digelar 9 Juli – Kendari Pos
Politik

Ada 11 Gugatan Pilcaleg dari Sultra, Sidang Perdana Digelar 9 Juli

KENDARIPOS.CO.ID — Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerbitkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) sengketa Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) Pileg 2019, Senin (1/7). Berdasarkan rilis MK melalui website resminya (mkri.id), terdapat 11 gugatan dari Sulawesi Tenggara (Sultra) yang teregistrasi yakni dari partai politik (Parpol) sebanyak sepuluh gugatan dan satu gugatan dari perseorangan DPD RI.

La Ode Abdul Natsir Muthalib

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib, mengatakan, pihaknya telah siap menghadapi gugatan tersebut. “MK telah mengumumkan jenis gugatan yang akan diproses. Di situ juga tercantum nomor perkaranya. Pada prinsipnya, kami di Sultra sudah siap menghadapi semua gugatan tersebut,” ujar La Ode Abdul Natsir saat dihubungi, kemarin.

Lanjut dia, ada tiga hal yang dipersiapkan KPU Sultra serta KPU kabupaten/kota, yakni menyusun kronologis, menyusun daftar alat bukti, dan menyiapkan alat bukti. “Saat ini jajaran kami di kabupaten/kota yang menjadi locus delicty sengketa sedang menghimpun alat bukti. Penyerahannya ke KPU RI akan dilakukan pada 5 Juli hingga 8 Juli 2019. Sedangkan kronologis sudah harus diserahkan paling lambat 4 Juli 2019,” terangnya.

Untuk itu, kata pria ramah yang karib disapa Ojo ini, semua kabupaten/kota sudah harus merampungkan penyusunan kronologi paling lama besok. Kronologi tersebut akan diserahkan langsung oleh dua orang komisioner KPU Sultra dari Divisi Teknis Penyelenggaraan (Iwan Rompo Banne) dan Divisi Hukum (Ade Suerani). Sedangkan alat bukti akan diantar langsung oleh tim dari kabupaten/kota.

Berkaca pada sengketa Pilpres yang putusannya telah dibacakan pada 27 Juni lalu, Abdul Natsir menekankan agar jajarannya di kabupaten/kota turut serta dalam penyerahan alat bukti. Kata dia, ada beberapa kabupaten yang tidak hadir saat fasilitasi penyerahan alat bukti melalui help desk KPU RI saat proses penyelesaian sengketa Pilpres beberapa waktu lalu.

Padahal, terdapat dokumen dan alat bukti tertentu yang dalam penanganannya melibatkan tim dari kabupaten/kota tersebut. “Jadi mereka semua harus hadir karena yang lebih mengetahui keadaan di wilayah sengketa adalah mereka sendiri. Selain itu, juga untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal lain yang ingin di dalami oleh kuasa hukum,” jelasnya.

Diungkapkannya, bukti yang dikumpulkan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan diteruskan ke KPU RI. Kemudian oleh tim kuasa hukum yang ditunjuk KPU RI akan menyusun jawaban yang ditujukan kepada MK berdasarkan bukti tersebut. Jika semua persyaratan telah lengkap, maka MK akan menggelar sidang perdana pada 9 Juli hingga 12 Juli 2019. Sedangkan pembacaan putusannya akan dilakukan selambat-lambatnya 9 Agustus 2019. “Karena sudah belajar pada sengketa Pilpres, kami berharap penyelesaian PHPU Pileg bisa lebih baik. Intinya kami besama teman-teman di kabupaten/kota sudah siap,” katanya.

Berdasarkan data MK, 11 permohonan asal Sultra yang masuk BRPK adalah PKS, PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, Perindo Berkarya, NasDem, PKB, Irpan dan Hj Ratna. Dan permohonan DPD yang diajukan Fatmayani Harli Tombili. Juru bicara MK, Fajar Laksono mengungkapkan, MK telah melakukan registrasi permohonan PHPU Pileg 2019 pukul 13.00 WIB. “Artinya pukul 13.00 WIB, kita sudah akan mencatat permohonan permohonan yang diregistrasi dalam BRPK. Ada 339 permohonan tapi yang masuk dalam ARPK MK itu sebanyak 260 perkara, 250 diajukan parpol, 10 diajukan calon anggota DPD di 6 provinsi,” kata Fajar Laksnono saat dihubungi via selulernya, kemarin.

Ia mengungkapkan, setelah permohonan masuk dalam ARPK MK, maka MK siap melanjutkan pada proses persidangan. Untuk agenda sidang pertama dengan agenda sidang pendahuluan akan dilakukan pada 9 Juli mendatang. “Kalau sidangnya secara keseluruhan sampai tanggal 30 Juli. Tahapan sama seperti pilpres. Yaitu, sidang pendahuluan, sidang pembuktian, hingga nanti putusan,” imbuhnya. (b/m7/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy