76 Pengusaha Rumah Makan Pasang Alat Perekam Pajak – Kendari Pos
Metro Kendari

76 Pengusaha Rumah Makan Pasang Alat Perekam Pajak

KENDARIPOS.CO.ID — Para pengusaha rumah makan atau restoran di Kendari yang belum memasang alat perekam pajak sepertinya harus bersiap-siap menerima kunjungan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari untuk pemasangan alat. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Kota (Kota Kendari) Nahwa Umar, Minggu (14/7). Kata dia, pemasangan alat perekam pajak bertujuan untuk memantau transaksi keuangan di rumah makan tersebut, utamanya merekam 10 persen pajak dalam setiap kali transaksi konsumen, “Jadi alat ini wajib dipasang pada setiap rumah makan bahkan restoran yang ada di Kendari,” ujarnya.

Sekretaris Kota Kendari, Nahwa Umar, saat evaluasi alat perekam pajak di Aula Kantor Walikota Kendari

Nahwa memastikan, pemasangan alat perekam pajak di mesin kasir tidak akan mengganggu sistem pencatatan konvensional yang ada di rumah makan dan restoran tersebut. “Kan yang direkam pajaknya saja. Semua ini kita lakukan demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita demi pembangunan daerah,” jelasnya.

Pemasangan alat perekam pajak tersebut, kata Nahwa, sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman yang dilakukan antara Pemkot Kendari, KPK dan Bank Sultra beberapa waktu yang lalu, dimana salah satu poinnya adalah sertiap pengusaha makanan, restoran ataupun perhotelan diwajibkan untuk memasang alat perekam pajak. Selain itu, juga karena sudah tertuang dalam Peraturan Walikota (Perwali) Kendari Nomor 24 Tahun 2019 tentang Pembayaran dan Pemungutan Pajak dan Retribusi Daerah Berbasis Online, “Alhamdulillah, Kota Kendari dijadikan sebagai pilot project oleh KPK dan menjadi daerah pertama di Sultra yang menerapkan pemasangan alat perekam ini. Selain itu, aturannya juga sudah jelas,” kata Mantan Kepala BPPRD Kendari itu.

Untuk diketahui, pemasangan alat perekam pajak yangn sudah digalakkan Pemkot Kendari sejak 26 Juni lalu, telah terpasang sebanyak 76 alat perekam yang terdiri dari rumah makan, restoran maupun perhotelan, “Target tahap awal atau masa sosialisasi ini harusnya terpasang 100 alat. Tapi Insyaa Allah kedepan semua pengusaha rumah makan, restoran dan perhotelan sudah terpasang semua. Dengan begitu, bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan PAD dari sektor perpajakan,” kata Nahwa. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy