Buton Utara

458 Rumah Warga Miskin di Butur akan Dibedah, Anggarannya Rp8,6 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran negara sekira Rp8,6 miliar mengalir di Kabupaten Buton Utara (Butur). Duit rakyat sebanyak itu akan digunakan membedah 458 unit rumah warga miskin yang masuk kategori rumah tidak layak huni (RTLH). Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Butur, Armin mengatakan anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI turun dalam bentuk Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Ratusan rumah yang bakal tersentuh bantuan tersebar di 15 desa dan 3 kelurahan di Kecamatan Kulisusu, Kulisusu Barat dan Kulisusu Utara.

Armin mengungkapkan, program BSPS memiliki dua kriteria atau tujuannya untuk peningkatan kualitas dan pembagunan baru bagi berpengasilan rendah. “Ada dua hal digaris bawahi, stimulan dan swadaya. Stimulan itu rangsangannya sekira Rp17,5 juta setiap rumah, sedangkan swadaya itu masyarakat menyediakan bahan sesuai kemampuan, ” ujarnya, Kamis (11/7).

Mantan Kepala Dinas Pertambangan Butur itu merinci 239 unit rumah tak layak huni dibenahi di 5 desa dan 3 kelurahan di Kecamatan Kulisusu. 30 unit rumah lainnya akan dibangun baru. Sedangkan di Kecamatan Kulisusu Barat terdapat 158 unit rumah akan mengalami peningkatan kualitas yang tersebar pada 6 desa. Di Kecamatan Kulisusu Utara terdapat 61 unit rumah bakal dibedah di 4 desa. “BSPS ada tiga bentuk yakni peningkatan kualitas melalui APBN sekira Rp17,5 juta, peningkatan kualitas melalui APBD provinsi sebanyak Rp20 juta dan pembangunan baru melalui APBD kabupaten sekira Rp15 juta. Target pengerjaannya tiga bulan, “tandas Armin. (had/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy