35 Legislator Terpilih Ditetapkan Hari Ini – Kendari Pos
Politik

35 Legislator Terpilih Ditetapkan Hari Ini

La Ndolili

KENDARIPOS.CO.ID — Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerbitkan buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) sengketa Pileg 2019 sejak Senin (1/7) lalu. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir Muthalib, mengatakan, terhadap daerah yang tidak memiliki sengketa, maka wajib menggelar pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD RI selambat-lambatnya tiga hari kerja setelah terbitnya BRPK. Dengan begitu, sudah harus dilaksanakan dalam jangka waktu 2 Juli hingga 4 Juli 2019. “Di Sultra, terdapat delapan daerah yang tidak masuk dalam gugatan PHPU Pileg, yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe Selatan, Buton Utara, Muna Barat, Buton, dan Kota Kendari. Mereka sudah dapat melaksanakan pleno paling lambat 4 Juli nanti,” ujar Abdul Natsir, kemarin.

Dikonfirmasi terpisah, Komisioner KPU Kota Kendari, La Ndolili, mengungkapkan, pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Kendari diagendakan Rabu (3/7) hari ini, pukul 09.00 Wita. “Kendari tidak masuk dalam sengketa sehingga pleno harus segera dilaksanakan. Kami sepakat pelaksanaannya 3 Juli 2019,” tutur La Ndolili, kemarin. Berbagai persiapan telah dilakukan pihaknya, termasuk melakukan simulasi. KPU kabupaten/kota, kata La Ndolili, akan menetapkan perolehan jumlah kursi anggota DPRD kabupaten/kota setiap Parpol pada masing-masing Dapil dalam rapat pleno terbuka dengan beberapa ketentuan. Pertama, menetapkan jumlah suara sah Parpol di setiap Dapil. Selanjutnya, membagi suara sah setiap Parpol dengan bilangan pembagi 1 (satu), dan diikuti secara berurutan oleh bilangan ganjil 3 (tiga), 5 (lima), 7 (tujuh) dan seterusnya. Hasil pembagian diurutkan berdasarkan jumlah nilai terbanyak. Jumlah terbanyak kesatu mendapat kursi pertama, begitu seterusnya sampai jumlah kursi pada Dapil yang bersangkutan habis terbagi. “Semuanya sudah diatur secara rinci dalam PKPU nomor 5 tahun 2019,” imbuhnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy