Total Kredit Debitur Rp 5 M yang Terdampak Banjir, OJK Bakal Beri Keringanan – Laman 3 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Total Kredit Debitur Rp 5 M yang Terdampak Banjir, OJK Bakal Beri Keringanan

“Kalau misalnya dikategorikan sebagai daerah dampak bencana itu ada namanya grace period atau masa tenggang kalau misalnya terakhir membayar sebelum terkena banjir kondisinya lancar tapi karena banjir terjadi penurunan kemampuan membayar itu bisa diberikan kompesasi waktu sampai debitur mempunyai kemampuan membayar lagi,” cetusnya.

Dijelaskan, POJK Nomor 45/POJK.03/2017 tentang perlakuan khusus terhadap Kredit atau Pembiayaan bank bagi daerah tertentu di Indonesia ditetapkan dalam suatu keputusan Dewan Komisioner OJK dengan memperhatikan aspek luas wilayah yang terkena bencana alam, jumlah korban jiwa, jumlah kerugian materil, jumlah debitur yang diperkirakan terkena dampak bencana alam.

“Presentase jumlah kredit atau pembiayaan dengan plafon sampai dengan Rp 5 miliar terhadap jumlah kredit atau pembiayaan di daerah yang
terkena bencana alam, akan mendapatkan kompensasi,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pihaknya bakal melakukan penjadwallan ulang atau penurunan suku bunga, kalau penjadwalan ulang misalnya angsurannya hanya 2 tahun menjadi 5 tahun, bagi debitur yang terdampak banjir. “Penurunan kemampuan membayar itu bisa diberikan kompesasi waktu sampai debitur mempunyai kemampuan membayar lagi,” tutupnya. (ags/b)

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy