Tiga JCH Kota Kendari Gagal Berangkat – Kendari Pos
Metro Kendari

Tiga JCH Kota Kendari Gagal Berangkat

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 647 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Kendari dijadwalkan berangkat ke tanah suci, Juli mendatang. Dari jumlah itu, tiga JCH Kendari gagal berangkat dengan berbagai alasan. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Marwijid, mengatakan, tiga JCH yang gagal berangkat tahun ini memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Ada yang terkendala biaya pelunasan haji, kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk berangkat.

“Ada salah satu JCH wanita yang sejak dua tahun lalu, nomor kursinya telah masuk. Namun hingga saat ini belum juga berangkat, sebab masih dalam proses penyembuhan penyakit. Hal ini akan ditolerir dan namanya akan dimasukkan tiap tahun, bila memang sudah merasa siap dan sehat maka akan langsung diberangkatkan,”ungkapnya.

Selain itu, kata dia, seorang wanita bernama Berlian Sirua masuk dalam kloter 23 pada tahun ini. Sudah melunasi biaya haji, namun saat akan melakukan manasik mengalami kecelakaan dan cedera kaki. “JCH bernama Arman, terlambat dalam pelunasan biaya haji. Hingga pelunasan tahap kedua, dia tidak juga melaporkan sehingga dinyatakan tidak berangkat dan menunggu pemberangkatan tahun berikutnya,”jelasnya.

Sebenarnya kendala pelunasan biaya haji tahap satu, kata dia, masih diberi solusi melakukan pelunasan di tahap kedua. Tapi dengan syarat peserta yang belum melakukan pelunasan tahap pertama harus datang melaporkan kendalanya sehingga blokir pelunasannya bisa dibuka dari pusat. Kemudian ada lagi tahap ketiga, namun itu hanya untuk JCH lansia, pendamping serta cadangan. Kemenag mengusulkan Arman dalam tahap ini namun tidak bisa. Sebab, tahap tiga ini sudah ada peruntukannya.

Katanya, JCH gagal berangkat, masih memiliki kesempatan di tahun berikutnya. Ada juga JCH yang meninggal dunia namun telah digantikan oleh ahli warisnya. Sehingga masih dinyatakan tetap berangkat. “Mereka yang tidak jadi berangkat, telah diisi kuotanya oleh yang lain. Sehingga kuota yang berangkat tahun ini tetap 647 orang untuk Kendari,”jelanya. Ia mengimbau JCH tetap menjaga kesehatan dan kekompakan di masing-masing kloter. Sebabm 80 persen yang dibutuhkan oleh JCH adalah fisik yang kuat. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy