Sultra Masuk 100 Calender of Events 2019 – Kendari Pos
Metro Kendari

Sultra Masuk 100 Calender of Events 2019

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra terus menggenjot potensi pariwisata. Dalam 100 Calendar of Events 2019 yang merupakan agenda pemerintah pusat, terdapat dua event Pariwisata Sultra yang masuk; Wakatobi Wafe dan Festifal Keraton di Baubau. Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi, Taufik Rahzen mengatakan, sebelumnya pemerintah pusat telah menetapkan 100 calender of event. Iven itu dapat menjadi destinasi wisata Indonesia. Berdasarkan data, lanjut dia, terdapat 3000 lebih event festival, upacara dan kegiatan masyarakat. Dari itu dipilih 100 yang sesuai dengan kriteria sebagai event pariwisata.

Kadis Pariwisata, Syahruddin Nurdin (empat kanan), Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi, Taufik Rahzen (tiga kanan) dan Tim Kurasi dari Kemenpar, Denny Malin (lima kanan) saat workshop.

Ia mengapresiasi Dispar Sultra karena terus menggenjot dunia pariwisata Sultra hingga menembus manca negara. Apalagi diketahui dalam 100 calender of event Kemenpar, terdapat dua event Sultra sebagai festifal budaya yang mampu meningkatkan daya tarik wisatawan. “Dari 34 provinsi telah terpilih melalui kurasi yang ketat berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Event-event ini harus mempunyai creative value, commercial value, communication value, serta CEO commitment,”bebernya.

Ia menambahkan, sebagai langkah maju provinsi sebaiknya dapat menyusun sebuah event agar mampu menjadi daya tarik wisatawan. Hal ini juga sejalan dengan tren berwisata kaum milenial, yang sarat akan konten digital. Keberadaannya terbukti efektif dalam membantu mempromosikan suatu destinasi sehingga viral dan dikunjungi banyak orang. “Kita berharap jika calendar of events ini dapat menjadi atraksi yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke seluruh wilayah di Indonesia juga di Sultra. Sehingga kunjungan wisatawa mampu meningkatkan pendapatan masyarakat,”terangnya saat membawakan materi workshop Kurasi Wonderfull Event tahun 2019 di salah satu hotel di Kendari, (18/6).

Di tempat yang sama, Kepala Dispar Pemprov Sultra, Syahruddin Nurdin mengatakan, Pemprov Sultra mengapresiasi dukungan pusat dalam pengembangan sektor pariwisata Sultra. Untuk itu dalam lima tahun kedepan Pemprov akan memberikan pembangunan sektor pariwisata khususnya melalui gerakan akselerasi pembangunan daratan dan kepulauan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya untuk meningkatkan kegiatan event yang ada di Sultra. Apalagi selama ini event di Sultra sudah sangat banyak, namun itu dirasa belum maksimal. Untuk memaksimalkan itu perlu dorongan tiap daerah. Olehnya itu, di Sultra, konsisten setiap tahunnya meminta 17 event yang diusulkan di Kemenpar untuk dinilai dan ditetapkan masuk dalam wanderful event.

“Walaupun ketentuannya ketat. Namun kami optimis di Sultra akan ada penambahan. Dengan ketentuan, eventnya harus yang sudah dikenal secara umum. Selain itu, sudah diselenggaralan secara kontinyu 3-4 tahun berturut-turut, dan memiliki sebaran daerah (proporsional),” jelasnya.

” Eventnya pun harus memiliki pengaruh langsung kepada sosial ekonomi masyarakat dan dapat meningkatkan media value terhadap image daerah dan yang pasti tepat waktu. Tidak ada perubahan tanggal pelaksanaan,”terangnya.

Masih kata Syahruddin, untuk tahun-tahun berikutnya agar event Sultra yang masuk dalam 100 calender of event bisa lebih dari dua. “Saat inikan yang sudah masuk itu dua yaitu Wakatobi Wafe dan Festifal Keraton di Baubau. Semoga usai kegiatan ini, akan ada lagi event-event lain. Muda-mudahan ditahun berikutnya bisa tiga atau empat event lagi yang bisa terakomodir untuk masuk didalam wanderfull event,”harapnya. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy