Sidak Kemenag Baubau , Kakanwil Minta ASN Tingkatkan Disiplin – Kendari Pos
Bau-bau

Sidak Kemenag Baubau , Kakanwil Minta ASN Tingkatkan Disiplin

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sultra, Abdul Kadir melakukan inspeksi mendadak (sidak) di hari pertama masuk kerja, terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kemenag Kota Baubau. Dia didampingi Kepala Kemenag Kota Baubau, Rahman Ngkaali, dan Kasubag TU Kemenag Baubau, Tohiruddin. Mereka memantau langsung kehadiran ASN di Kemenag Kota Baubau, sekaligus melakukan pertemuan yang dipusatkan di aula Kemenag, guna memberikan wejangan terkait kedisiplinan dan peningkatan kinerja.

AbduL Kadir

Abdul Kadir menyampaikan tiga mantra pokok yang menjadi program unggulan Kemenag RI untuk terus meningkatkan kualitas kehidupan beragama yaitu moderasi beragama, kebersamaan dan integrasi data. Menurutnya, mantra moderasi beragama penting diimplementasikan dalam mengelola kehidupan beragama masyarakat Indonesia yang sangat plural dan multikultural ini.

“Terlebih di era digital yang serba instan, sangat memungkinkan terjadi kompleksitas meluas di tengah masyarakat dalam beragama. Karena itu, moderasi beragama bukan sekadar wajib, namun kebutuhan untuk diimplementasikan,” ungkap Abdul Kadir, Selasa (11/6). Selain moderasi, lanjut Abdul Kadir, kebersamaan umat juga harus terus digaungkan seluruh aparatur Kemenag. Sebab, kebersamaan antar pemeluk agama yang berbeda mutlak diperlukan.

Karena itu, lanjut Abdul Kadir masing-masing pihak harus mendekat dan saling menjemput titik persamaan bukan mengorek-ngorek simpang perbedaan.Adapun mantra ketiga adalah integrasi data. Pelayanan umat di bidang agama dan keagamaan, lanjut dia, harus didukung data mutakhir dan terintegrasi. Karena itu menurutnya kemajuan teknologi informasi harus dimanfaatkan aparatur Kemenag untuk berbenah dengan memberikan pelayanan data keagamaan umat lebih cepat, akurat, dan memuaskan. Tak hanya itu, dirinya juga menyebut tujuh nilai substantif dalam berpuasa relevansinya dengan etos kerja ASN.

Pertama, nilai kejujuran. Kedua nilai kesabaran, ketiga keikhlasan. Keempat kedisiplinan, kelima nilai kebersamaan, Keenam keterbukaan, dan Ketujuh nilai keadilan. “Ini harus menjadi perhatian bersama. Aspek disiplin dalam bekerja sangat penting,” pesannya. Turut hadir dalam pembinaan ASN itu, para Kepala KUA lingkup Kemenag Kota Baubau, Kepala Madrasah se-Kota Baubau, ASN Kemenag serta CPNS Kemenag yang baru saja ditugaskan. Selain sidak di Kememag Baubau, H. Abdul Kadir juga berkesempatan bertatap muka dengan ASN dan Guru madrasah se Kota Baubau yang dipusatkan di aula MAN 1 Baubau.

Dalam arahannya, dia menyebut pentingnya penyesuaian guru terhadap perkembangan teknologi digital di era milenial untuk menjadikan madrasah hebat bermartabat. Kakanwil menekankan transfer sejumlah nilai jati diri yang harus dimiliki, diterapkan guru dan siswa di madrasah. “Nilai-nilai tersebut berupa ke-Islaman, ke-Indonesiaan, Kemodernan, keilmuan, dan keumatan,” ujarnya. Kepala Kemenag Kota Baubau menyebut, dari 52 PNS yang masuk kerja, hanya 49 hadir. Izin 1 orang, cuti 1 orang, dan 1 orang sakit. “Persentase kehadiran ASN di hari pertama 98 persen,” imbuhnya. (ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top