Prajabatan 237 CPNSD Butur Gratis, Rp2,1 Miliar Biaya Gunakan APBD – Kendari Pos
Buton Utara

Prajabatan 237 CPNSD Butur Gratis, Rp2,1 Miliar Biaya Gunakan APBD

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buton Utara (Butur) telah mengestimasi kebutuhan biaya prajabatan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD). Kalkulasinya sekira Rp2,1 miliar untuk membiayai prajabatan 273 CPNSD yang lulus seleksi tahun 2018. Kebutuhan anggaran itu akan diusulkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2020. “Biaya prajabatan 237 CPNSD ditanggung sepenuhnya pemerintah kabupaten. Satu orang butuh biaya Rp9 juta. Ditotalkan butuh anggaran sebesar kurang lebih Rp2,1 miliar,” ujar La Nita, Kepala BKPSDM Butur, Selasa (25/6).

237 CPNSD Butur tak perlu lagi memikirkan biaya prajabatan. Pemkab Butur akan menyiapkan anggarannya melalui APBD tahun 2020. Bupati Butur, Abu Hasan (kanan) membuka orientasi yang diikuti ratusan CPNSD, beberapa waktu lalu.

Mantan Kabag Pengawasan Sekretariat DPRD Butur itu mengungkapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah melarang ongkos pendidikan dan pelatihan (Diklat) tersebut dibebankan ke calon abdi negara. “Biaya prajabatan tidak boleh dibebankan kepada CPNSD. Komisi anti rasuah melarang pemerintah daerah membebankan biaya prajabatan kepada CPNS,” ungkap La Nita.

La Nita menambahkan sudah ada beberapa daerah yang ditegur karena membebankan biaya prajabatan kepada CPNSD. Padahal, tujuannya untuk menyiasati agar prajabatan tak terkendala karena ketersediaan anggaran. Bahkan ada sebagian daerah yang sempat mengusulkan agar biaya ditalangi dulu CPNSD. (had/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top