Pinjaman Gagal, Bupati Muna Lirik PT. SMI – Kendari Pos
Muna

Pinjaman Gagal, Bupati Muna Lirik PT. SMI

Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Muna mulai memertimbangkan opsi lain setelah tidak terbitnya rekomendasi Kementerian Dalam Negeri terkait pinjaman daerah. Bupati Muna LM. Rusman Emba membuka wacana mengajukan pinjaman pada PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Bupati mengaku peluang terealisasinya pinjaman pada sindikasi Bank Sultra semakin sulit setelah Kemendagri memutuskan melakukan kajian ulang kemampuan fiskal daerah. Di sisi lain, Pemkab Muna punya banyak tuntutan pembangunan infrastruktur yang urgen.

Setelah dua tahun pinjaman tidak kunjung pasti, Bupati mulai melirik PT. SMI. “Ada perbedaan sudut pandang dengan Kemendagri soal fiskal daerah. Sehingga ada opsi ke SMI. Tapi ini baru wacana,” ujar Rusman Emba, kemarin.

Pemkab Muna pernah punya kerja sama dengan PT. SMI berkaitan pembiayaan pembangunan RSUD modern. Pemkab berutang Rp200 miliar dengan jangka pengembalian lima tahun. Pinjaman itu diangsur Rp40 miliar pertahun sekira lima tahun. “Alhamdulilah, 2019 ini pembayaran terakhir. Makanya mereka memberi reward,” ungkap Rusman.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top