Nasional

Pilkada Masih Bisa Mundur, Tergantung Kesiapan Anggaran Daerah

Arief Budiman

KENDARIPOS.CO.ID — Problem paling umum pada pelaksanaan pilkada adalah pendanaan. KPU berancang-ancang memberikan perlakuan khusus bagi daerah yang tidak serius mempersiapkan anggaran untuk pilkada di daerahnya. Konsekuensinya, pilkada di daerah itu bisa ditunda. Problem anggaran diakui KPU menjadi tantangan tersendiri. Meski demikian, untuk saat ini mereka belum bisa menyatakan khawatir atau tidak. “Sepemantauan kami, belum ada daerah yang menyampaikan keluhan terkait dengan alokasi anggaran,” terang Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, kemarin (26/6).

Dalam arti, KPU provinsi dan kabupaten/kota di 270 daerah sudah mengajukan anggaran ke pemda masing-masing. Pemda rata-rata sudah mengalokasikan. “Tinggal menanti kapan kepastian NPHD (naskah perjanjian hibah daerah)-nya, menunggu PKPU ini,” lanjutnya. Bila memang nanti ada hambatan dalam proses NPHD, KPU di daerah diminta untuk melapor ke KPU RI. Selanjutnya, KPU akan menyampaikan ke Kemendagri. Kemudian, Kemendagri akan mengingatkan provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing.

Dalam rancangan PKPU tentang tahapan dan jadwal, di pasal 8 tertera klausul bahwa KPU setempat akan menunda tahapan bila sampai pembentukan PPK dan PPS belum tersedia anggaran. “Pilkadanya tetap jalan, tapi tahapannya bisa mundur. Tak bersamaan dengan yang lain,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy