Pemprov Sultra Dorong Pembangunan Desa – Laman 2 – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemprov Sultra Dorong Pembangunan Desa

Peraturan tentang pembangunan desa, kata dia, sebagai langkah agar instansi terkait bisa lebih mengakselerasi kebijakan yang ada dalam RPJMD. Misalnya, pengembangan kawasan pedesaan, yang sifatnya terpadu. “Pembangunan perdesaan tidak bisa dilaksanakan oleh satu instansi atau satu Kementerian saja. Membangun kawasan tidak bisa sendiri, harus ada tim secara terintegrasi. Sehingga penataannya perlu diatur oleh Pergub kemudian nanti diintervensi oleh beberapa perangkat daerah,” ungkapnya.

Saat ini Pergub pembangunan kawasan pedesaan sudah jelas. Otomatis rujukannya sudah ada, sehingga pelaksanaannya akan langsung dicanangkan. Jadi pembangunan kawasan perdesaan, kata Robert, di luar dari pembangunan yang telah direncanakan oleh pihak pemerintah desa melalui anggaran Dana Desa (DD). Apalagi, DD lebih fokus untuk meningkatkan kapasitas kemandirian atau otonomi desa. Namun, tidak mungkin mampu membangun seluruh kawasan sehingga perlu penanganan oleh sektor lain.

“DD skopnya khusus untuk mereka sendiri, terkait bagaimana meningkatkan aksesibilitas maupun akses terhadap prasarana lain di desa. Karena itu perlu fasilitasi dari yang lain, mereka tidak mampu sendiri. Anggaran DD hanya bisa membangun jalan yang ada di desanya saja. Sedangkan akses dari desa ke kecamatan ataupun kabupaten, tidak bisa dibangun oleh desa. Karena itu, Pemprov mencanangkan Pergub ini, sebagai payung hukum daerah pada pemerintah pusat dalam upaya penganggaran pembangunan kawasan desa,”tutupnya. (m2/c)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy