Metro Kendari

Pemkot Jaga Peluang Dapat Dana Insentif Daerah dari Kemenkeu

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari selalu mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebagai modal tamabahan untuk merealisasikan program pembangunan. Kala Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari berhasil menuntaskan pengelolaan APBD tahunan dengan predikat tata kelolala keuangan yang akuntabel, maka akan mendapat bantuan DID yang menembus angka Rp 35 miliar. Tahun ini, Pemkot kembali menjaga peluang untuk mendapat suntikan dana segar dari Kementerian Keuangan itu.

Susanti

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Susanti, mengatakan mempertahankan WTP menjadi modal utama bagi pemerintah daerah untuk kebagian DID. Kendari sendiri sudah mendapatkan dana itu dalam 4 tahun terakhir. Jumlahny pun fantastis. “Kita pernah dapat Rp 39 miliar, lalu Rp 35 miliar, pernah juga Rp 16 miliar, tapi tahun lalu Rp 32 miliar. Dana itu langsung masuk APBD 2019,” bebernya.

Nominal DID itu kata dia, rumusnya menjadi rahasia pemerintah pusat. Jumlahnya memang tidak selalu sama setiap tahun. Semakin menurun itu bukan karena kinerja menurun, tetapi karena semakin banyak daerah yang WTP di Indonesia. Sehingga dana harus dibagi-bagi, dan rumusnya seperti apa, tidak diketahui. Yang pasti, kata dia, dengan dipertahankannya WTP tahun ini, peluang mendapat DID masih terbuka lebar. “Kalau ada, Insya Allah pasti kita dapat, hanya nilainya saja kita tidak bisa predikasi. Mudah-mudahan gak berubah jauh dengan tahun ini,” harapnya. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy