Politik

Pemilu Bermasalah, Sistem Harus Disederhanakan

Ubedilah Badrun

KENDARIPOS.CO.ID — Direktur Eksekutif CESPELS (Center for Social, Political, Economic, and Law Studies), Ubedilah Badrun, menyebutkan, hampir semua Pemilu yang dihelat di Indonesia, bermasalah. Hal itu disebabkan karena luasnya wilayah dan besarnya jumlah penduduk. Oleh karenanya, ia mengusulkan penyederhanaan sistem pemilihan umum. “Dari semua riset soal pemilu yang saya baca. Saya menemukan, hampir semua pemilu di Indonesia adalah curang,” kata Ubedilah, kemarin.

Ia menambahkan, pada masa Orde Baru seseorang sudah dapat menyimpulkan hasil pemilu sebelum diadakannya pencoblosan. Kemudian, adapun permasalahan kecurangan yang ada di Indonesia, hal itu sudah merupakan masalah struktural yang sulit untuk diurai. “Salah satu masalah pemilu di Indonesia adalah soal jalinan kekuasaan antara elite politik dengan kelompok pemodal, atau yang biasa disebut sebagai oligarki. Sehinga kekuasaan dikendalikan oleh kelompok kecil menentukan,” ucapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy