Laporan Keuangan Kota Kendari Raih Nilai Terbaik – Kendari Pos
Metro Kendari

Laporan Keuangan Kota Kendari Raih Nilai Terbaik

KENDARIPOS.CO.ID — Kendari menjadi salah satu daerah terbaik atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018. Tak heran, tahun ini, Kendari meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Prestasi itu diapresiasi oleh Kepala BPK Perwakilan Sultra, Hermanto.

Sulkarnain

Di bawah nakhoda Sulkarnain Kadir, Kendari menjadi satu dari tiga daerah peraih nilai terbaik dalam pemeriksaan LKPD. Kendari berhasil meraih poin 88,12, terpaut sedikit saja dari Buton Tengah yang meraih angka 88,16 sebagai peringkat pertama. Hermanto mengatakan daerah dengan predikat terbaik itu dianggap telah memenuhi standar kaidah penyusunan dan penyajian laporan keuangan.

Dalam tahapan pemeriksaan, kata dia, daerah itu juga merespon cepat kebutuhan data yang diminta auditor. “Mulai dari pemeriksaan hingga tahap akhir, yakni penyerahan. Semuanya telah memenuhi ketentuan undang-undang,” kata Hermanto dalam sambutannya. Lanjut dia, ada beberapa tingkatan kewajaran informasi dalam laporan yang menjadi acuan pemberian opini itu. Di antaranya, kepatuhan terhadap sistim undang-undang dan efektifitas prinsip-prinsip akuntansi laporan itu. Termasuk, kerjasama pemerintah daerah dalam proses pemeriksaan khususnya penyediaan data penunjang. “Apa yang menjadi capaian, terus dilakukan perbaikan lagi ke depannya,” sambung dia.

Atas predikat terbaik itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain sumringah. Menurut dia, dengan tren capaian WTP selama 6 kali berturut-turut, Kendari memang terpacu untuk selalu memberikan yang terbaik dari waktu ke waktu. “Saya bilang ke anggota saya, ikuti dengan baik semua aturannya, sajikan datanya dengan tertib. Mulai dari pemeriksaan pendahuluan hingga selesai semua harus tetap fokus, kalau kita lakukan yang terbaik insya Allah hasilnya juga akan baik,” yakin Sul. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top