KPU Sultra Siap Hadapi Sengketa Pileg – Laman 2 – Kendari Pos
Politik

KPU Sultra Siap Hadapi Sengketa Pileg

Lanjut dia, sidang perdana atau pemeriksaan pendahuluan sengketa Pileg dijadwalkan akan dilakukan dalam rentang waktu tanggal 9 hingga 12 Juli 2019. Namun, tidak semua gugatan yang diajukan pemohon bakal disidangkan. Melainkan hanya yang terdaftar dalam buku registrasi perkara konstitusi (BRPK). “BRPK akan diterbitkan pada 1 Juli 2019. Di situ kita akan lihat gugatan mana yang masuk dan berapa nomor perkaranya,” terang mantan Ketua KPU Kendari ini. Dijelaskan Natsir, persiapan menghadapi sidang sengketa Pileg tak akan jauh berbeda dengan sengketa Pilpres. Terhadap daerah yang teregistrasi, kata dia, maka ada tiga hal yang harus dipersiapkan KPU Sultra. Mulai dari menyusun kronologis, daftar alat bukti dan menyiapkan alat bukti. Bukti yang dikumpulkan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan diteruskan ke KPU RI. Kemudian oleh tim kuasa hukum yang ditunjuk KPU RI akan menyusun jawaban yang ditujukan pada MK berdasarkan bukti tersebut. Jika semua persyaratan telah lengkap, maka MK akan menggelar sidang perdana pada tanggal 9 hingga 12 Juli 2019. Sedangkan pembacaan putusannya akan dilakukan selambat-lambatnya 9 Agustus 2019. “Pada prinsipnya KPU Sultra siap menghadapi gugatan,” tuturnya.

Adapun daerah yang tidak termasuk dalam sengketa Pileg, kata Dosen nonaktif di Universitas Halu Oleo (UHO) ini, maka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih dapat dilakukan paling lama tiga hari pasca terbitnya BRPK. “Dalam waktu dekat, kami akan membahas penetapan ini bersama jajaran KPU kabupaten/kota,” pungkas Abdul Natsir. (b/m7)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy