HEADLINE NEWS

Kontribusi Tambang Minim : Puluhan IUP, Hanya Dua Perusahaan Peduli Korban Banjir

KENDARIPOS.CO.ID — Banjir bandang yang melanda Konawe Utara (Konut) mesih menyisakan duka. Kerusakan tampak dimana-mana. Ribuan warga kehilangan tempat tinggal dan harta benda. Masyarakat setempat menilai, bencana tersebut salah satunya disebabkan banyaknya aktivitas pertambangan dan perkebunan sawit. “Dulu daerah ini memang pernah banjir. Namun, tidak separah setelah adanya aktivitas pertambangan,” ungkap Riana, salah seorang warga Konut. Saat ini, memang ada puluhan izin usaha pertambangan (IUP) dan perusahaan sawit beroperasi di Konut.

Namun, sejak banjir melanda hingga saat ini, kontribusinya belum terlihat. Catatan Kendari Pos, baru dua perusahaan tambang saja teridentifikasi menyalurkan bantuan, yakni PT Sinar Jaya Sultra Utama (SJSU) dan PT. Manunggal Sarana Surya Pratama (PT MSSP) turun langsung di lapangan membantu warga Konut terdampak banjir. “Bantuan yang didistribusikan guna meringankan beban saudara kita yang terkena dampak banjir,” ujar Ino, Koordinator Bidang logistik PT Sinar Jaya Utama Sultra. Menurutnya, penyaluran bantuan kemanusiaan pada korban banjir Konut merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial PT SJSU kepada warga yang terkena dampak banjir.

Senada diungkapkan, Perwakilan Manajemen PT. Manunggal Sarana Surya Pratama, Muhammad Fakhriadi Amran. Menurutnya, bantuan diberikan berupa pemeriksaan kesehatan, bahanmakanan dan minuman siap saji di Posko Komando Pemkab Konut sebagai bentuk kepedulian kepada warga. “Aksi ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan. Makanya, perusahaan meresponnya dengan menyalurkan bantuan logistik dan memberikan pelayanan kesehatan gratis,” jelasnya.

Koordinator Penanganan Bencana yang juga Bupati Konut, Ruksamin tak menampik kalau sudah ada perusahaan tambang menyalurkan bantuan untuk korban banjir. Hanya saja, dia tidak menyebutkan perusahaan mana saja. “Perusahaan tambang dan perkebunan sudah ada yang memberikan bantuan,” ujar Ruksamin, kemarin. Ditanya berapa jumlahnya (perusahaan), Ketua DPW PBB Sultra tak menyebut detail. “Intinya sudah ada. Dan secara umum, bantuan terus mengalir,” jelasnya tanpa menyebut perusahaan mana saja yang sudah menyalurkan bantuan.

Pakar Ekonomi Pertambangan Sultra, Syamsir Nur, menilai, minimnya bantuan dari perusahaan tambang yang beroperasi di Sultra, khusunya di Konut kepada korban banjir kemungkinan disebabkan beberapa hal. “Bisa jadi mereka khawatir apabila sibuk menyalurkan bantuan justru menjadi justifikasi publik bahwa banjir memang disebabkan oleh aktivitas tambang,” ujarnya, Selasa (18/6). Namun, kata dia, sekalipun opini yang dibangun bahwa tambang bukan kontributor utama banjir, dapat dipastikan kehadiran tambang di Sultra turut andil atas terjadinya banjir. Sehingga, harus ada kesadaran untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak.

Selain itu, lanjut Syamsir, ada kemungkinan penyaluran bantuan telah dilakukan melalui pemerintah tanpa ingin diketahui publik atau masih menunggu air surut. “Bisa cek ke pemerintah daerah, apakah ada komunikasi mengenai bantuan untuk korban banjir atau tidak,” tuturnya.
Apabila perusahan tambang ini memang dianggap kurang respon, maka sudah menjadi tugas pemerintah sebagai pemberi izin operasi tambang untuk membicarakan hal tersebut. “Pemerintah harus mengeluarkan statement perlunya ada tindakan nyata dari perusahaan tambang. Bisa dilist seperti apa pola bantuan yang disalurkan,” terangnya.

Dirinya mengingatkan, tak hanya tambang, semua perusahaan yang kegiatannya memang sebagai “pengambil kekayaan” agar lebih peduli kepada masyarakat. Sebab, aktivitas perusahaan ini pasti memberikan dampak, baik di bidang sosial, ekonomi, serta lingkungan. Pun sebelum bencana alam terjadi, mestinya ada pertanggung jawaban sosial dari perusahaan kepada masyarakat. “Apakah melalui royalti kepada daerah atau dalam bentuk corporate social responsibility (CSR). Intinya, perusahaan harus ada sense dalam hal-hal seperti ini,” tandasnya. (b/m7/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy