Kondisi Terkini Desa Tapuwatu Konut Pasca Dilanda Banjir : Rumah Rata Tanah, Warga Masih Trauma – Kendari Pos
Konawe Utara

Kondisi Terkini Desa Tapuwatu Konut Pasca Dilanda Banjir : Rumah Rata Tanah, Warga Masih Trauma

Beginilah kondisi Desa Tapuwatu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe. Di desa ini, ada 82 rumah warga dan hampir semua rata dengan tanah diterjang banjir bandang awal Juni lalu. Tampak salah seorang warga menunjukkan lokasi perumahan warga yang tersapu banjir, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Desa Tapuwatu, Kecamatan Asera merupakan salah satu wilayah yang paling parah dilanda banjir bandang awal Juni lalu. Berdasarkan data tim penanggulangan bencana, dari 82 rumah di desa itu, 73 diantaranya rata dengan tanah. Sekarang warga masih trauma dan tinggal di tenda pengungsian.

“Ini merupakan banjir terparah setelah puluhan tahun kami bermukim di sini,” ujar Muhtar, Sekretaris Desa (Sekdes) Tapuwatu Kecamatan Asera saat ditemui reporter Kendari Pos, kemarin. Sambil melayani tamunya berbicara, dia mencari perabot rumah tangga tersisa dari puing-puing rumahnya yang hancur dihantam banjir bandang.

“Banjir di sini ketinggiannya sampai empat meter. Makanya, jangan heran kalau hampir semua rumah warga rata dengan tanah. Sisa beberapa saja masih utuh. Termasuk masjid,” jelasnya lagi. Lokasi Desa Tapuwatu dari ibukota kabupaten, Wanggudu hanya berjarak sekitar belasan kilometer saja. Wilayah ini berada di lembah yang berdampingan dengan bibir sungai Lasolo, diapit beberapa perbukitan. Pemukiman penduduk warga setempat mengikuti bibir sungai Lasolo. Salah satu sungai terpanjang di Konawe Utara (Konut).

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy