Kampanye Caleg DPRD Sultra Habiskan Rp 14,8 M, Pengamat: Nilai Nyata Bisa Lebih Besar – Kendari Pos
Politik

Kampanye Caleg DPRD Sultra Habiskan Rp 14,8 M, Pengamat: Nilai Nyata Bisa Lebih Besar

M. Najib Husain

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan Pemilu Serentak 2019 hampir mendekati puncaknya. Ada beberapa hal yang bisa menjadi perhatian selama proses Pemilu. Salah satunya adalah dana kampanye yang digunakan peserta Pemilu dalam rangka memenangkan kontestasi. Berdasarkan rilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra), diketahui bahwa total pengeluaran untuk kampanye calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Sultra mencapai Rp 14,8 miliar.

Angka tersebut, menurut Pakar Komunikasi Politik Sultra, Muh. Najib Husain, bisa jadi masih jauh dari yang sebenarnya. “Selain tidak semua Caleg melaporkan penggunaan dana kampanye, ada kemungkinan bahwa nilai yang dilaporkan sifatnya manipulatif atau lebih kecil dari yang sesungguhnya,” ujar Najib Husain saat dihubungi, Kamis (20/6). Dirinya menyebut, hal itu lumrah terjadi di Indonesia. Selain regulasi yang kurang tegas, asas transparansi juga masih sulit diwujudkan. Padahal, keterbukaan para Caleg dalam proses Pemilu adalah hal yang seharusnya dilakukan. “Pejabat harus mulai belajar terbuka. Sehingga masyarakat bisa mengawasi,” argumennya. Najib memberikan contoh bagaimana pejabat-pejabat di negara lain mulai menerapkan asas transparansi kekayaan. “Di Indonesia sebenarnya sudah ada kewajiban menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang bisa diakses oleh publik. Persoalannya, tidak semua mau melaporkan dengan jujur,” tuturnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy