Hadapi Pilkada Serentak 2020 : Demokrat Prioritaskan Kader, Golkar Lebih Terbuka – Laman 2 – Kendari Pos
Politik

Hadapi Pilkada Serentak 2020 : Demokrat Prioritaskan Kader, Golkar Lebih Terbuka

Kata pria yang dipastikan lolos dalam Pileg Sultra 2019 ini, Partai Demokrat dalam waktu dekat akan mengadakan rapat pimpinan daerah (Rapimda). “Secepatnya akan digelar. Selain untuk membahas langkah-langkah dalam menghadapi Pilkada, kami juga akan mengevaluasi beberapa hal,” pungkasnya.

Berbeda dengan Demokrat, Partai Golkar di Sultra lebih bersifat terbuka terhadap calon nonkader. “Jika ada calon yang potensial, Golkar akan mendukung. Tidak harus kader partai,” kata Sekretaris DPD Golkar Sultra, Muhammad Basri, kemarin. Kader potensial yang dimaksud, jelas Basri, yakni sosok yang menjanjikan untuk bisa menang dalam perebutan kursi bupati dan wakil bupati. “Aktivitas dan rekam jejak akan menjadi penilaian utama. Apakah yang bersangkutan layak atau tidak,” paparnya.

Jika itu kader Golkar, lanjut Basri, tidak harus selalu petahana yang bakal dijagokan, kader barupun akan mendapat tempat jika memiliki kapabilitas cukup. “Semua tergantung hasil penilaian. Namun, dalam mengambil keputusan, akan selalu kami komunikasikan dengan DPP,” tegasnya. Jika melihat perolehan kursi Golkar dalam Pileg 2019 tingkat kabupaten, maka hanya satu daerah dimana memungkinkan Golkar bisa mengajukan calon sendiri tanpa koalisi, yakni Kabupaten Wakatobi. Di Wakatobi, Golkar berjaya dengan mengamankan sembilan dari total 25 kursi yang tersedia. Berdasarkan aturan sebelumnya, setiap calon yang maju melalui Parpol, maka harus diusung oleh Parpol dengan akumulasi jumlah kursi minimal 20 persen dari total kursi anggota dewan di daerah yang bersangkutan.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy