Festival Pekakande-kandea di Buteng Sukses Digelar – Kendari Pos
Buton Tengah

Festival Pekakande-kandea di Buteng Sukses Digelar

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Buton Tengah (Buteng) sukses menggelar Festival adat Pekakande-kandea Tolandona Buteng tahun 2019. Masyarakat Buteng memadati lapangan Lamedadi, Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu untuk menyaksikan festival yang digelar setahun sekali itu. Festival itu menarik perhatian wisatawan mancanegara. Festival kian semarak dengan kekompakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyiapkan beragam penganan khas tradisional Buteng. Penganan ditata rapi di atas talang. Para tetamu di hibur dengan tarian kolosal yang ditampilak putra putri Buteng.

Dari kanan, Bupati dan Wakiol Bupati Buteng, Samahuddin – La Ntau, Kakanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir dan Ketua DPRD Buteng, Adam.

Pemkab Buteng menggelar festival itu sebagai upaya mempertahankan dan menjaga kearifan lokal di daerah yang dikenal seribu gua itu. Bupati Buteng Samahuddin dan Wakil Bupati La Ntau (Samatau) sejak dua tahun memimpin, berkomitmen menjaga warisan budaya. “Sejak kami di amanahkan oleh masyarakat memimpin Buteng, maka menjadi tanggung jawab kami untuk menjaga

budaya masyarakat. Apalagi Pekande-kandea ini di laksanakan sebagai rasa syukur atas limpahn nikmat yang telah mereka petik selama setahun ini,” ujar Samahuddin dalam sambutannya, Sabtu (15/6).

Tradisi Kande-Kandea merupakan budaya masyarakat yang harus dilestarikan. Wakil Bupati Buteng, La Ntau mengungkapkan perlu ada sinergi antarmasyarakat agar kearifan lokal Kande-kandea tetap terjaga. “Warisan budaya ini terus di laksanakan tiap tahunnya,” ungkapnya.
Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir yang turut hadir dalam acara itu ikut mengapresiasi Pemkab dan masyarakat yang menjaga warisan budaya Kande-kandea. “Budaya Kande-kandea harus dilestarikan,” ujarnya. (rud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top