Wakatobi

Festival Koba di Wakatobi Sukses Digelar

KENDARIPOS.CO.ID — Festival Koba di Pulau Wangi-Wangi Wakatobi sukses dihelat di Sanggar Budaya Wakatobi selama dua hari, 15 hingga 16 Juni. Kegiatan yang menampikan sejumlah kebudayaan ini termasuk Konsoda’a dan Karia’a dihadiri oleh pihak pemerintah setempat hingga masyarakat.

Bupati Wakatobi, Arhawi bersama istri larut dalam euforia Festival Koba. Festival ini sebagai upaya Pemkab Wakatobi melestarikan budaya daerah sebab Festival Koba merupakan kekayaan milik Wakatobi yang patut dibanggakan.

Tema yang diangkat dari agenda ini yakni merekatkan persaudaraan, merangkai silaturahmi untuk pulau Wangi-Wangi yang berbudaya menuju masyarakat mandiri yang sejahtera dan berdaya saing. Festival Koba perlu dilestarikan dan merupakan kekayaan milik Wakatobi yang patut dibanggakan.

Bupati Wakatobi, Arhawi menegaskan setiap festival budaya merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya daerah. Apalagi telah diperjuangkan nenek moyang dahulu dan memiliki nilai tersendiri. “Dan hal ini tidak boleh di sepelekan. Ini adalah kekayaan Wakatobi yang harus kita jaga dan lestarikan,” ungkap Arhawi.

Sementara itu Camat Wangi-Wangi Selatan, Rusfiadi mengatakan Festival Koba merupakan nama asli Wangi-Wangi yakni “Koba” dalam bahasa masyarakat “Dhato Koba” yang memiliki arti pulau kecil.

“Dan tujuan Festival Koba ini adalah terbentuknya pulau Wangi-Wangi yang terdiri dari komunitas budaya masyarakat Liya, Wanse, Mandati, Kapota dan masyarakat Bajo,” ujarnya. Selain Bupati Wakatobi, Arhawi, pimpinan OPD Pemkab Wakatobi, Forkompimda, tokoh adat, masyarakat Wangi-Wangi, kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Tojo Una Una bersama rombongan. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy