Metro Kendari

DPRD Cirebon Belajar Kepariwisataan di Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari kini menjadi tempat menimbah ilmu ragam kalangan. Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (Apeksi) sedang belajar layanan publik berbasis digital yang digagas Wali Kota Kendari Sulkarnain. Kini, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon melawat di Kendari untuk belajar mengenai pariwisata. Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, Benny Sujarwo, menjelaskan, pihaknya sudah dua kali mengadakan studi perbandingan di provinsi Sulawesi Tenggara. Sebelum ke Kendari, sebagian legislator Cirebon sudah bertemu dengan Pemkot Baubau.

Plt Kepala Disbudpar Kendari, Syam Alam (sebelas dari kiri), Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, Benny Sujarwo (sebelas dari kanan) foto bersama usai dialog mengenai potensi pariwisata kedua daerah, Selasa (18/6) di ruang Aspirasi DPRD Kota Kendari.

“Tujuannya sama. Kami juga ingin berbagi sekaligus belajar dari Pemkot Kendari utamanya menyangkut pariwisata. Kami melihat, sektor pariwisata di Kendari tumbuh pesat. Salah satunya, ditandai dengan tingginya tingkat hunian kamar oleh wisatawan di hotel yang ada di Kendari,” ujar Benny Sujarwo, Selasa (18/6) saat berdialog di ruang aspirasi DPRD Kota Kendari.

Di tempat yang sama, anggota Komisi III DPRD Kendari, Subhan ST menambahkan, pariwisata Kendari tidak hanya tertuju ke wisata alamiah seperti objek-objek wisata. Namun, juga difokuskan pada pembangunan wisata religinya. Kendari, juga merupakan daerah transit. Makanya, baik pihak DPRD maupun Pemkot Kendari senantiasa berbenah untuk meningkatkan potensi sumber daya alam khususnya pariwisata yang melimpah di Kendari.

Subhan merinci, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kendari tiap tahunnya mencapai 2 ribu. Adapun wisatawan lokal lanjut ia, bisa menembus angka 6 ratus ribu per tahunnya.”Mengeksplorasi sejarah menurut saya sangat menarik untuk ditingkatkan. Selain bisa mengedukasi turis lokal dan mancanegara, kita juga dapat merawat peninggalan para leluhur kita,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kendari, Syam Alam menyebutkan, ada beberapa objek wisata menarik di Kendari. Misalnya, Kebun Raya Kendari, Pantai Nambo dan Masjid Al-Alam. Semua itu bagi Syam Alam, menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menginjakkan kaki di Kendari.

“Kalau saya melihat, Kendari memiliki berbagai sudut yang menarik karena objek wisatanya sudah lengkap. Meliputi, wisata bahari, wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan wisata kuliner,” imbuh Kepala Disperindag Kota Kendari itu. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy