Dispar Buton Latih 30 Pemandu Selam – Kendari Pos
Buton

Dispar Buton Latih 30 Pemandu Selam

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buton melatih 30 pemandu wisata alam selam tingkat Open Water angkatan I. Bupati Buton, La Bakry mengatakan pelatihan ini untuk melahirkan pemandu wisata profesional, dalam kaitannya pemanfaatan potensi wisata alam unggulan Buton. “Ini adalah hasil kerja keras seluruh pihak khususnya Dinas Pariwisata Buton sehingga kita bisa memanfaatkan potensi alam Buton,”ujar Bupati Buton La Bakry dalam sambutannya, Senin (17/6).

Bupati Buton, La Bakry saat membuka pelatihan pemandu wisata alam (selam) tingkat open water angkatan I di Kecamatan Pasarwajo, Senin (17/6).

Melalui pelatihan ini, keterampilan para pemandu wisata alam kian terasah dan kualitas diri semakin meningkatkan. “Selain menciptakan pemandu selam yang profesional, diharapkan potensi keindahan laut dijaga kelestariannya,” tambah La Bakry. Sementara itu Kepala Dispar Kabupaten Buton, La Ode Zainuddin Napamengatakan selain melahirkan pemandu selam laut profesional, pihaknya juga berharap agar para peserta mandiri dalam merawat keindahan bawah laut di Buton. “Pelatihan pemandu selam ini salah satu kegiatan yang bisa menopang pariwisata di Buton,”ujarnya.

Wisata laut Kabupaten Buton masuk dalam salah satu destinasi wisata 10 top ten Wakatobi. Sehingga pelatihan pemandu selam laut ini sebagai konsistensi daerah sesuai Perda. Sekaligus wujud komitmen Kementerian Pariwisata pada sektor kemaritiman di wilayah Indonesia Timur.
Menurut Zainuddin, Kabupaten Wakatobi masuk dalam 10 Top Ten Destinasi dan Buton sebagai penopang Wakatobi, dimana Wakatobi terbatas dalam pengelolaan sumber lautnya sehingga turis-turis mancanegara juga banyak yang datang menyelam di Teluk Pasarwajo. “Laut sumber keindahan untuk dilihat, para pemandu juga dilatih untuk memelihara keindahan laut,” tutup Zainuddin. (mel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top