Dampak Banjir di Sultra Berpotensi Picu Peningkatan Kemiskinan – Kendari Pos
Konawe Utara

Dampak Banjir di Sultra Berpotensi Picu Peningkatan Kemiskinan

KENDARIPOS.CO.ID — Banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) membawa dampak luas bagi masyarakat. Diperkirakan, ribuan hektare sawah yang tersebar di empat kabupaten yakni Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Kabupaten Konsel, dan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mengalami gagal panen. Tak hanya sawah, perkebunan serta sektor peternakan juga tak lepas dari paparan banjir.

Pakar Ekonomi Pertambangan Sultra, Dr. Syamsir Nur mengatakan, secara umum banjir tersebut akan mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat serta daerah. Masyarakat yang terdampak banjir secara langsung, dipastikan kehilangan lapangan usaha serta sumber pendapatan. “Ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan angka kemiskinan dalam jangka waktu tertentu. Terutama pada daerah-daerah terpapar banjir. Sebab, sebagian besar masyarakat di daerah itu menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian dan peternakan,” analisa Dr. Syamsir Nur saat dihubungi, Senin (17/6).

Meskipun stok beras dari Badan Urusan Logistik (Bulog) masih aman, menurutnya hal itu tidak akan mampu mencegah terjadinya inflasi. Kenaikan harga barang-barang akan menjadi corong munculnya kemiskinan. “Kondisi demikian tidaklah mudah untuk dipulihkan,” ujar akademisi UHO tersebut. Selain itu, banjir juga menyebabkan sejumlah infrastruktur seperti jalanan, jembatan, serta fasilitas umum lainnya kehilangan fungsi. Akibatnya distribusi pasokan bantuan baik dari pemerintah maupun masyarakat terganggu. Untuk itu, kata dia, pemerintah daerah harus menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan. “Perlu revitalisasi infrastruktur secepatnya. Jika biaya akses ke sana mahal, maka bantuan akan sulit masuk,” terangnya.

Mengenai pembangunan infrastruktur, khususnya jalan dan jembatan, menurut Syamsir, perlu ada sharing antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah. Jalan trans Sulawesi menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, jalan penghubung antar kabupaten merupakan tanggung jawab pemerintah provinsi, sedangkan jalan penghubung antar kecamatan serta desa menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk menangani. Syamsir juga menyinggung soal proyek pembangunan bendungan yang sebelumnya sempat terhenti. Kata dia, pemerintah harus melanjutkan proyek tersebut mengingat urgensinya. “Harus dikomunikasikan dengan pusat karena ini proyek nasional,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik Bagian Produksi yang menangani Pertanian, Pertambangan dan Perindustrian, Toto Harian Silitonga mengatakan, salah satu penggerak perekonomian di Konawe adalah sektor pertanian dan pertambangan. “Efek banjir yang terjadi di daerah tersebut dipastikan mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat. Terutama jika dikaitkan dengan lahan pertanian warga yang ikut terendam banjir,” ungkapnya. Tak hanya itu, Konawe yang selama ini menjadi salah satu penyumbang Padi Palawija terbesar di Sultra, sebagian besar terendam banjir. Sehingga diprediksi pada Juni ini, daerah Konawe akan mengalami puso atau lahan persawahan tidak bisa dimanfaatkan akibat gagal panen.

“Dipastikan dampak banjir ini akan memberikan pengaruh signifikan terhadap perekonomian daerah. Bukan hanya di Konawe, tapi juga daerah lain,” ucapnya. Sedangkan sektor pertambangan, lanjut dia, juga dipastikan mengalami gangguan. Pasalnya produksi tambang di Konawe juga tidak berjalan. “Bencana banjir ini melumpuhkan perekonomian daerah. Baik dari sektor pertanian maupun pertambangan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sultra, Surya Alamsyah mengatakan, adanya bencana banjir di sebagian wilayah Sultra, khususnya Konawe, akan menyebabkan naiknya harga beras di Sultra. Pasalnya, Konawe merupakan daerah penghasil beras yang cukup besar di Sultra. “Bencana banjir dipastikan memberi dampak bagi perekonomian di Sultra. Khususnya di daerah yang terdampak banjir,” imbuhnya. (b/m3/m7)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top