Bupati Konut Janji Buatkan Rumah Hunian Sementara untuk Pengungsi – Kendari Pos
Konawe Utara

Bupati Konut Janji Buatkan Rumah Hunian Sementara untuk Pengungsi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkab Konut sudah memikirkan nasib korban banjir yang masih tinggal di tenda pengungsian. Rencana, dalam waktu dekat bakal dibuatkan rumah hunian sementara (Huntara). Bupati Konut, Ruksamin menuturkan, ratusan rumah milik warga yang hanyut terbawa arus banjir dan kini masih tinggal ditenda-tenda pengungsian untuk bersabar.

Bupati Konut, Ruksamin.

“Jadi, mereka (pengungsi) yang masih tinggal ditenda pengungsian, kita akan buatkan Huntara. Mereka nantinya akan tinggal di Huntara selama tiga bulan sambil menunggu rumah layak huni dibangun,” ujar Ruksamin, kepada Kendari Pos. Pasangan Raup itu menambahkan, pembangunan Huntara bagi pengungsi akan dilakukan setelah masa tanggap darurat selesai. Pasalnya, Pemkab Konut baru memperpanjang masa tanggap darurat.

“Di Huntara itu, mereka akan tinggal selama tiga bulan. Semua akan disiapkan, mulai dari gas, kompor dan logistik sambil menunggu rumah layak huni dibangunkan. Semua kita akan diproses secara bertahap,” jelasnya. Sedangkan, pembuatan rumah layak huni, kata, Ruksamin nanti akan ditindaklanjuti pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi (RR). Tahapan itu nantinya sudah termuat pembuatan rehabilitasi rumah, normalisasi sungai maupun pembuatan tanggul. “Semua ada tahapannya,” ujarnya.

Terkait dengan distribusi logistik masih terus dilakukan pemerintah daerah di backup dengan personil BNPB, BPBD, Basarnas, TNI/Polri. Terutama daerah yang terisolasi seperti di Kecamatan Oheo, Landawe, Langgikima dan Wiwirano. Penyaluran logistik itupun dilakukan melalui jalur udara menggunakan helikopter maupun jalur laut dan sungai menggunakan kapal melalui pelabuhan Lameuru di Kecamatan Langgikima. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top