BPBD Konkep Siagakan Alat Pendeteksi Bencana – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

BPBD Konkep Siagakan Alat Pendeteksi Bencana

KENDARIPOS.CO.ID — Hampir saban tahun banjir melanda Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Dari tujuh kecamatan yang ada di Konkep, lima diantaranya kerap jadi langganan banjir setiap musim penghujan. Yakni Kecamatan Wawonii Tengah, Wawonii Selatan, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut dan Wawonii Tenggara.

Kepala BPBD Konkep, Awaluddin (dua dari kanan) mendampingi utusan Kementerian Desa dan PDTT memantau alat pendeteksi bencana banjir di Desa Patande.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konkep merilis bencana banjir di Pulau Wawonii terjadi akibat sungai yang ada di wilayah tersebut meluap. Kepala BPBD Konkep, Awaluddin mengatakan pihaknya sudah melakukan pemasangan Early Warning System (EWS) atau alat pendeteksi bencana. Alat itu bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan DaerahTertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

“Di Desa Patande sering terendam banjir. Di wilayah itu banyak permukiman warga. Sehingga kami melobi di kementrian. Alhamdulillah, EWS ini sudah dipasang di desa tersebut,” ujar Awaluddin.

Manta Sekretaris Dewan DPRD Konkep itu menambahkan rumah-rumah warga yang tinggal di sekitar sungai selalu menjadi korban banjir tiap tahun. Akibat sungai tersebut meluap. Seperti baru-baru ini, Sungai Lampeapi, Sungai Wungkolo, Sungai Labeau, Sungai Waturai dan Sungai Mosolo. (san/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top