Pariwara
HEADLINE NEWS

BMKG : Sultra akan Terus Diguyur Hujan hingga 15 Juni, Waspada juga Gelombang Tinggi

KENDARIPOS.CO.ID – Hujan deras yang terus mengguyur bumi Anoa dipastikan masih akan berlangsung hingga pertengahan Juni. Hal ini berdasarkan dari prediksi BMKG Kendari. Analisis BMKG berpotensi hujan lebat dan gelombang tinggi hingga 5 hari ke depan (11 – 15 Juni 2019). Ini dipicu dari Aktivitas gelombang atmosfer “Madden Julian Oscillation (MJO)” yang masih aktif.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Ramlan, aktivitas MJI ini merupakan pola perpindahan yang menyebar ke arah timur dengan kecepatan sekitar 4 hingga 8 m/s (14 hingga 29 km/jam, 9 hingga 18 mph), melalui atmosfer di atas bagian hangat dari samudra Hindia dan Pasifik. Pola sirkulasi menyebabkan, curah hujan yang tidak normal.

Ramlan mengatakan, ada 8 wilayah daerah di Sultra yang akan berdampak dalam aktivitas MJI ini. Kabupaten Konawe Utara termasuk yang ikut terkena, sehingga dapat dipastikan hujan akan terus turun. Selain Konut, adapula Kota Kendari, Konawe Selatan, Konawe, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Bombana dan Buton Utara (Butur). “Selain potensi hujan lebat, akan ada potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai 2.5 meter atau lebih,”katanya.

Menurut dia, ini perkirakan juga masih akan terjadi di Perairan Kepulauan Wakatobi, Perairan BauBau, Perairan Menui Kendari, Laut Banda Timur Sultra, Teluk Tolo, Perairan Kep. Banggai dan Perairan Kep.Sula

“Olehnya itu, masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh hujan lebat tersebut seperti potensi terjadi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,”pesannya.(ade).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy