HEADLINE NEWS

Banjir di Konawe, Konut dan Koltim : 27.379 Ternak Mati, 1.844 Dirawat

KENDARIPOS.CO.ID — Banjir yang melanda wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) belakangan ini menimbulkan ragam kerugian. Selain ribuan areal persawah terendam banjir terancam gagal panen, ribuan ternak ikut mati. Tercatat, 27.379 hewan ternak tak mampu bertahan hidup melawan banjir yang terjadi lebih dari 10 hari di Konawe, Konawe Utara (Konut) dan Kolaka Timur (Koltim).

Ilustrasi Sapi Mati akibat banjir.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distnak) Sultra, Rahmad Hardiono, merinci jumlah ternak yang mati akibat banjir merendam. Dalam catatan Distanak hewan ternak mati adalah sapi 850 ekor, kerbau 10 ekor, kambing 701 ekor, babi 566 ekor, itik 142 dan ayam sebanyak 25.110 ekor (lihat grafis). “Data ini berdasarkan hasil yang diperoleh pertanggal 17 Juni, dan akan terus dipantau. Kemungkinan jumlahnya masih akan terus bertambah,”terangnya saat ditemui di ruang kerjanya (17/6).

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah ternak yang mati, pihak Distanak melakukan pengobatan untuk ternak-ternak yang sakit di daerah banjir. Pendataan sementara, kata dia, hewan ternak yang sakit di Kabupaten Konawe terdapat 561 ekor sapi, 320 ekor kambing dan 304 babi. Saat ini, dalam masa pengobatan pascabanjir. Selain itu, untuk Kabupaten Koltim terdapat 496 ekor sapi dan 163 ekor kambing.

“Hal ini sebagai salah satu tindakan yang dilakukan Diastanak guna menekan angka kematian ternak. Jadi total keseluruhan ternak yang diobati sebanyak 1.844 ekor. Rinciannya, 1.057 ekor sapi dan 483 kambing tersebar di Konawe dan Koltim. Sementara untuk 304 ekor babi, pengobatan hanya dilakukan di Konawe,”rincinya.

Katanya, kondisi saat ini memang banyak menyebabkan kerugian, sebab terdapat ribuan ternak yang mati. Namun stok daging, kata dia tidak akan berdampak hingga jelang lebaran Idul Adha nanti. Sebab, pasokan ternak khususnya sapi di Sultra masih terbilang aman. “Masyarakat Sultra tidak perlu khawatir, untuk kebutuhan ternak di Sultra saat ini hingga jelang Idul Adha nanti masih bisa terpenuhi. Apalagi untuk sapi serta beberapa ternak lainnya seperti ayam dan kambing, pasokannya masih sangat cukup,”tutupnya. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy