Antisipasi Kebocoran Penerimaan PAD, KPK Bakal Dampingi Pemkot Kendari – Laman 3 – Kendari Pos
Metro Kendari

Antisipasi Kebocoran Penerimaan PAD, KPK Bakal Dampingi Pemkot Kendari

Koordinasi dan supervisi menjadi salah satu kewenangan KPK dalam melakukan pendampingan mengenai pengelolaan keuangan daerah. Jadi kata dia, kedatangan tim Koorsupgah KPK ke setiap daerah tidak boleh dipandang ingin “mengganggu” kondusivitas daerah. Padahal, KPK hanya sekadar memastikan, mendorong dan mendampingi agar program kerja pemerintah daerah bisa berjalan dengan baik.

“Ada beberapa fungsi KPK. Kita punya kewenangan melakukan koordinasi dan supervisi ke daerah. Inginnya kami, dua hal tersebut yang dimaksimalkan, di luar kewenangan lain. Seperti melakukan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan,” ucapnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, Pemkot Kendari terus berupaya melakukan optimalisasi agar PAD bisa meningkat. Termasuk, pemanfaatan aset yang selama ini kurang dioptimalkan. Sumbangan PAD terhadap APBD Kota Kendari hanya 10 persen saja atau sekitar Rp 180 miliar.

“Saya berterima kasih kepada KPK yang mau membantu mengurus pengelolaan keuangan di Kendari. Meskipun kami telah meraih opini WTP dari BPK, namun hal itu tidak membuat kami berpuas diri. Utamanya, dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Sulkarnain.

Mantan anggota DPRD Kota Kendari ini menjelaskan, efisiensi pengelolaan anggaran jadi perhatian serius Pemkot Kendari. Salah satunya, dengan menerapkan Surat Perjalanan Dinas Elektronik (E-SPPD). “Semoga dengan langkah ini, publik bisa tahu bahwa kami memang bertekad untuk menciptakan transparansi keuangan di pemerintahan,” tambahnya.

Suami Sri Lestari itu berharap, pertemuan bersama tim Koorsupgah KPK dapat memberi pencerahan bagi Pemkot Kendari untuk terus berbenah dalam meningkatkan PAD Kota Kendari.

“Kita akui, banyak yang belum maksimal.
Lewat forum ini, kita semua belajar. Selain mencari jalan keluar bagi peningkatan PAD. Risiko hukumnya pun bisa kita hindari,” imbuhnya. (b/m1)

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy