Alhamdulillah, Pesantren Mahasiswa Resmi Beroperasi di Kolut – Kendari Pos
Kolaka Utara

Alhamdulillah, Pesantren Mahasiswa Resmi Beroperasi di Kolut

KENDARIPOS.CO.ID — Pesantren Baitul Maqdis Totallang sudah beroperasi di Kecamatan Lasusua, Kolaka Utara (Kolut) sejak sembilan tahun lalu. Tahun ke sembilan ini, pesantren itu menelurkan satu terobosannya yakni Pesantren Mahasiswa untuk jenjang Strata Satu (S1). Kepala Kemenag Kolut, Baharuddin meresmikan beroperasinya pesantren mahasiswa yang dirangkaikan dengan wisuda santri di aula Islamic Centre Masjid Agung Lasusua, Senin (17/6).

Kepala Kemenag Kolut, Baharuddin meresmikan beroperasinya pesantren mahasiswa yang dirangkaikan dengan wisuda santri di aula Islamic Centre Masjid Agung Lasusua

Baharuddin mengatakan beberapa tokoh masyarakat mengajukan niatan untuk membangun pesantren. Hanya saja, belum ada yang dipandang memenuhi syarat. “Ada lima rukun mendirikan ponpes yang harus penuhi. Jadi tidak serta merta membangun begitu saja,” ujarnya, kemarin.
Lima syarat itu meliputi harus memiliki kiai, santri, asrama, masjid dan kitab kajian. “Harus mendukung visi misi pemerintah. Kalau tidak ber-NKRI, maka dipastikan tidak mendukung kinerja pemerintahan,” tukasnya.

Kepala Ponpes Baitul Maqdis Totallang, Ustaz Saliudin Hasim mengatakan sekira 59 santri diwisuda, terdiri dari 10 orang tingkat aliyah dan 49 tingkat tsanawiyah. “Total alumni saat ini sekira 70 orang dan tersebar di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, termasuk lanjut studi di Al Azhar Mesir,” ungkapnya. Terkait adanya Pesantren Mahasiswa ini, Ponpes Baitul Maqdis menyiapkan satu mahasiswa sebagai mubalig per desa. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top