Pariwara
HEADLINE NEWS

Akses Terputus, Tiga Kecamatan Terdampak Banjir di Konut Terancam Kelaparan

KENDARIPOS.CO.ID– Masyarakat tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Oheo, Wiwirano dan Langgikima yang terdampak di Kabupaten Konawe Utara (Konut) terancam kelaparan.

Rumah warga dan jalan yang terendam banjir.

Ketua Tim Penanganan Bencana Banjir Konut, Ruksamin mengungkapkan, putusnya akses menuju tiga kecamatan tersebut menyebabkan pendistribusian maupun evakuasi warga tertahan. “Ada 8 ruas jalan yang terendam banjir setinggi 3 meter dengan arus yang cukup deras,” ungkapnya, Rabu (12/6/2019).

Satu satu cara untuk mengakses lokasi tersebut, kata Ruksamin, hanya bisa dilakukan melalui jalur udara atau menggunakan helikopter. “Itupun kalau cuaca memungkinkan untuk terbang,” ujarnya.

Jika hujan terus terjadi dan air tetap tidak surut, dikhawatirkan masyarakat yang ada di tiga Kecamatan tersebut akan mengalami kelaparan. “Mereka pasti sudah kehabisan bahan makanan. Mau masak, gas tidak ada. Mau pake kayu bakar, juga basah,” bebernya.

Ruksamin berharap, dalam waktu dekat, ada mobilisasi bantuan maupun evakusi baik itu berupa kapal motor maupun helikopter untuk bisa tembus ke lokasi. Berdasarkan informasi dari BPBD Sultra, di Kecamatan Oheo masih terdapat sekitar 1.275 warga yang bertahan. Sedangkan di Kecamatan Langgikima dan Wiwirano masih belum ditahu jumlahnya namun diperkirakan ada ribuan jiwa terdampak banjir. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy