Akhir Juni, Jalur Ringroad di Muna Barat Dilapis Aspal – Kendari Pos
Muna Barat

Akhir Juni, Jalur Ringroad di Muna Barat Dilapis Aspal

KENDARIPOS.CO.ID — Kualitas jalan strategis di Kabupaten Muna Barat (Mubar) terus ditingkatkan. Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada memastikan jalur ringroad Mubar segera dilapisi aspal. Rencananya, pengaspalan ringroad dilakukan akhir Juni ini. Ketersediaan akses jalan memadai itu tentunya untuk menunjang aktivitas pemerintahan dan realisasi jalur perekonomian Mubar itu. Paket proyek pengaspalan ringroad sedang dalam proses lelang.

LM Rajiun Tumada

Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada mengatakan akhir bulan ini akan dilaksanakan pengaspalan untuk satu jalur lebih dulu. Mulai dari Desa Wuna menuju Kelurahan Tiworo. “Jalan ringroad akan segera kita aspal. Lebarnya sekira enam meter dan menggunakan jenis aspal Hot Mix,” ungkapnya, akhir pekan lalu.

Rajiun menjelaskan tahapan pengaspalan itu diawalu pengerasan hingga benar-benar padat. Lalu, dilakukan pengerasan best B dan best A serta hamparan material. “Selanjutnya, di aspal setinggi 6 cm,” jelasnya. Kepala Dinas PU Mubar, Karimin mengatakan pihaknya telah mengajukan proses tender proyek melalui Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Mubar untuk jalur Lafinde-Maperaha. Lanjut dia, pekerjaannya sudah akan dimulai, hanya saja terkendala pada kondisi cuaca.

“Bulan ini sudah mulai dikerjakan dari Desa Lafinde-Maperaha dengan anggaran Rp 20 miliar. Alat, mobilisasi dan kebutuhan material sudah siap. Kita juga sudah adakan uji laboratorium,”jelasnya.

Karimin menambahkan, untuk anggaran yang disiapkan dalam pembangunan satu jalur ringroad sebesar Rp95 miliar dan bersumber dari DAK dan DAU 2019. Untuk diketahui, panjang jalur ring road dari Desa Wuna Kecamatan Barangka sampai Kelurahan Tiworo Kecamatan Tikep sekira 26 kilometer. (yaf/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top