45 Ojek Gabah Taklukkan Kecamatan Terisolir, Warga Uluiwoi dan Ueesi Dapat Bahan Makanan – Kendari Pos
Kolaka Timur

45 Ojek Gabah Taklukkan Kecamatan Terisolir, Warga Uluiwoi dan Ueesi Dapat Bahan Makanan

KENDARIPOS.CO.ID — Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dikepung banjir dan lumpur. Bantuan bahan makanan untuk para korban banjir sulit disalurkan. Butuh energi ekstra untuk menembus medan berat jalur darat menuju dua kecamatan itu. Kendaraan yang dilengkapi penggerak empat roda (four wheel drive atau 4WD) pun tak bisa melintas. Lumpur setinggi pinggang orang dewasa menyulitkan menembus medan.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah (lima dari kiri) bersama pimpinan OPD Pemkab Koltim dan para relawan tim bantuan berpose disela-sela istirahat penyaluran bantuan di Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi yang terisolir. Bupati mengerahkan 45 ojek gabah untuk salurkan bantuan dan menempus medan penuh lumpur.

Hampir sepekan warga Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi terisolasi. Pemkab Koltim dalam kendali Bupati Tony Herbiansyah tak kehabisan akal. Dia mengerahkan sepeda motor modifikasi, ojek gabah sebanyak 45 unit. Jalur sungai pun ditempuh. Katinting, sejenis perahu tempel dan perahu karet milik Basarnas ikut dikerahkan. Bantuan yang didistribusi seperti beras, makanan siap saji dan pakaian kini sudah berpindah tangan kepada para korban banjir. Koresponden Harian Kendari Pos di Koltim, Kusdin tergabung dalam tim bantuan Pemkab Koltim untuk meliput langsung kondisi di dua kecamatan yang terisolir itu.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah mengatakan sejak awal banjir, Pemkab Koltim berupaya agar bantuan segera cepat tiba di Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi. Mantan Wakil Bupati Konawe itu menjelaskan mobilisasi bantuan cukup sulit pada hari pertama hingga ketiga banjir. Sebenarnya, lanjut Tony, bantuan beras, makanan siap saji dan pakaian sudah harus tiba dengan cepat. Tetapi medan cukup sulit dilewati karena terdampak banjir sehingga mobilisasi sangat sulit. “Dengan mengerahkan 45 ojek gabah, katinting, perahu Basarnas, TNI dan Polri semua turun membantu sehingga bantuan dapat disalurkan di Kecamatan Uluiwoi dan Uesi. Alhamdulillah, bantuan saya serahkan langsung dan dibagi secara merata,” kata Tony Herbiansyah, Senin (17/6).

Ketua DPW NasDem Sultra ini mengatakan, semua infrastruktur pascabanjir ini akan diusahakan secepatnya dibenahi. “Insya Allah harus selesai dikerjakan lebih dari dua bulan ke depan. Saya sudah intruksikan Dinas PU segera bekerja. Saya minta semua camat dan desa harus membantu korban banjir,” tegas Tony Herbiansyah.

Camat Uluiwoi, Nasruddin mengatakan bantuan Pemkab Koltim telah lama tiba di Kecamatan Uluiwoi sejak awal banjir tetapi belum seutuhnya karena faktor kondisi jalan yang cukup sulit di lewati. “Ratusan rumah kepala keluarga terendam di beberapa desa. Semua korban telah menerima bantuan dari Pemkab Koltim,” ujarnya. Kapolsek Uluiwoi, Ipda Asmuliady mengatakan proses penyaluran logistik berjalan lancar. “Kami kawal logistik selama banjir. Personel kami siagakan di semua titik posko bencana,” ujar Asmuliady, kemarin. (kus)

Rumah Direndam Banjir

  • 68 rumah kepala keluarga (KK) di Desa Amolulu
  • 48 rumah kepala keluarga (KK) di Desa Undulo
  • 38 rumah kepala keluarga (KK) di Desa Lalombai
  • 15 rumah kepala keluarga (KK) di Kelurahan Sanggona – 194 rumah kepala keluarga (KK) di Desa Tondowatu
  • 3 rumah kepala keluarga (KK) di Desa Tawanga
  • 11 rumah kepala keluarga (KK) di Desa Uete
  • 7 rumah kepala keluarga (KK) di Desa Oukora

Sumber : Pemkab Koltim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top