Pariwara
HEADLINE NEWS

2.878 Warga Konut Sakit di Pengungsian, Banyak yang Hipertensi juga Gatal-gatal

KENDARIPOS.CO.ID– Bencana banjir dibeberapa wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut) selain menggenangi dan merusak rumah warga juga meninggalkan trauma yang tersendiri bagi masyarakat. Akibatnya, banyak masyarakat utamanya yang berada di pengungsian menderita penyakit hipertensi.

Kepala Dinas Kesehatan Konawe Utara, Nurjanah Effendy (jilbab merah) saat memantau langsung pemeriksaan kesehatan warga yang mebgidap hipertensi di lokasi pengungsian di Rujab Bupati Konut.

“Bencana banjir kali ini sangat memukul masyarakat. Harta benda banyak yang rusak bahkan hanyut. Jadi mereka stres. Mereka hipertensi. Selain itu ada juga yang menderita penyakit kulit seperti gatal-gatal, diare hingga asma,” beber Nurjanah Effendi selaku Kepala Dinas Kesehatan Konawe Utara, Selasa (11/6).

Ia mengungkapkan, dari 2 Juni hingga saat ini (11/6), pihaknya sudah menangani sebanyak 2.878 pasien dengan keluhan penyakit tersebut. Nurjanah bersyukur sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya korban jiwa dalam bencana banjir kali ini. Meski begitu ti. tetap siaga mengingat curah hujan dengan intensitas ringan hingga deras terus terjadi di Konawe Utara. “Kami sudah buat posko pelayanan kesehatan disetap titik pengungsian,” katanya.

“Ada juga mobil ambulance yang selalu mobile. Bahkan ada kapal kesehatan dan helikopter untuk mengevakuasi masyarakat yang masih terisolir utamanya mereka yang sedang sakit,” pungkasnya. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy