HEADLINE NEWS

Tim Evakuasi Pendaki Gunung Mekongga Berduka : 1 Wanita Meninggal Terseret Arus

KENDARIPOS.CO.ID — 16 pendaki Gunung Mekongga yang dievakuasi melalui Desa Tinukari Kecamatan Wawo Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) karena tersesat tiba dengan selamat di perkampungan Kamis (2/4/2019) sekira pukul 12.30 Wita. Akan tetapi, mereka juga diliputi duka karena seorang tim penyelamat dibawa pulang dengan kondisi tidak bernyawa.

Korban yang terseret arus sungai saat dievakuasi.

Seorang tim evakuasi yang meninggal tersebut atas nama Husnawati Tombo (30), warga Kabupaten Muna. Ia hanyut di sungai saat menyebrangi sungai ke tiga menuju Desa Tinukari. “Benar, nyawanya tidak tertolong,” kata Kades Tinukari, Abdurahman kepada Kendari Pos.

Kata Kades, wanita tersebut hanyut bersama dua rekannya yang lain saat menyeberang. Derasnya arus membuat pegangan tangan ketiganya terlepas. Beruntung dua rekan lainnya masih bisa diselamatkan. “Jasadnya sudah di Puskesmas Wawo menunggu ambulans untuk dipulangkan,” ujar Abdurahman. 

Sementara itu, Kepala Basarnas Kendari, Djunaidi mengatakan jika proses evakuasi yang ditargetkan seluruh pendaki tiba di perkampungan paling lambat pukul 22.00 Wita sempat tertunda dan dilanjutkan pagi (2/5) . Hal ini dikarenakan hujan deras berlangsung disaat mereka dalam perjalanan pulang. “Sempat istirahat karena cuaca tidak memungkinkan karena arus deras,” ucapnya.

“Semua pendaki selamat dan seorang tim evakuasi dinyatakan meninggal dunia karena hanyut di sungai,” ucapnya memastikan.

Total tim penyelamat yang melakukan proses evakuasi terdiri dari dua gelombang pemberangkatan dengan jumlah 90 orang. Sementara itu dari 16 pendaki, empat orang diantaranya merupakan pihak Lembaga Peduli Alam Lingkungan dan Ekosistem Mekongga (L-Palem) Kolut. Mereka telah diarahkan ke Puskesmas setempat untuk cek kesehatan. (rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy