Prabowo – Sandi Daftarkan Sengketa Pilpres ke MK : Sidang 14 Juni, Diputus 28 Juni – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Prabowo – Sandi Daftarkan Sengketa Pilpres ke MK : Sidang 14 Juni, Diputus 28 Juni

KENDARIPOS.CO.ID — Mahkamah Konstitusi (MK) menegaskan pihak yang ingin menggugat hasil Pemilu 2019, harus bisa menyertakan alat bukti yang valid. Klaim kecurangan saja tidak akan dinilai oleh majelis hakim. Sementara itu, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto – Sandiaga Uno baru akan mengajukan gugatan ke MK pada Jumat (24/5) hari ini. Sebenarnya, rencana awal Kamis (23/5), namun karena masih ada beberapa yang perlu dilengkapi sehingga diundur.

“Wajib ada alat bukti. Dalil permohonan untuk membuktikan harus alat bukti. Ketika hanya klaim pokoknya ada kecurangan. Itu tidak bisa. Ketika ditanya buktinya apa? Tak ada, pokoknya itu curang. Itu berarti pemohon tidak bisa membuktikan adanya kecurangan. Jadi alat bukti itu harus disertakan. Jangan hanya klaim,” kata Juru Bicara MK, Fajar Laksono di gedung MK, Jakarta, Kamis (23/5), kemarin.

Menurutnya, alat bukti itu banyak. Bisa alat bukti tertulis, dokumen formulir C1, C1 plano atau form apa pun. Ada juga video maupun rekaman. Satu lagi saksi. “Itu semua termasuk alat bukti. Tanpa itu semua, tidak bisa,” jelasnya. Soal kliping atau link pemberitaan, lanjut Fajar, bisa saja dijadikan bukti. Namun tidak kuat. Karena itu, harus didukung oleh alat bukti lainnya. Yang paling valid adalah form C1 dan saksi. Lantas apa persyaratan yang harus dibawa ke MK? Dikatakan, setiap pemohon harus melengkapi seluruh persyaratan yang diatur saat pendaftaran. Pemohon harus menjelaskan apa masalah yang dipersoalkan. Misalnya lokasi dugaan kecurangan hingga dugaan kesalahan penghitungan.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top