Pariwara
Bau-bau

Penumpang Kapal Naik 10 Persen, KUPP Baubau Siapkan 58 Armada Lebaran

KENDARIPOS.CO.ID — Mudik lebaran sudah menjadi tradisi saban tahun. Semua moda transportasi bergerak mengakomodir lalu lintas manusia dan barang, baik transportasi darat, laut dan udara. Meski sudah ada
tarif tiket pesawat sudah turun, calon pemudik masih melirik kapal untuk pulang kampung.


KM Ciremai rute Ambon-Baubau-Sorong saat sandar di Pelabuhan Murhum Kota Baubau. Kapal milik Pelni itu siap melayani arus mudik dan arus balik lebaran 1440 H. Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kota Baubau memerkirakan jumlah penumpan naik 10 persen dari tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Angkutan Laut dan Pelayanan Jasa, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kota Baubau, Suparno mengatakan arus mudik lebaran Idulfitri melalui penyeberangan angkutan laut di wilayah Kota Baubau tahun ini diperkirakan naik 10 persen dari tahun sebelumnya. Hal itu seiring dengan naiknya harga tiket pesawat.

Makanya, KUPP Baubau menyiapkan 58 armada untuk angkutan lebaran. Seluruhnya telah dioperasikan sejak Selasa (21/5) hingga Jumat (21/6). Semua armada itu dikerahkan untuk kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran nanti.

“Total armada yang kita siapkan ada 58 unit. Untuk Kapal Pelni ada 11 unit dengan total kapasitas penumpang sebanyak 16.431 orang. PT Dharma Lautan menyediakan satu kapal dengan kapasitas 450 orang penumpang. ASDP menyediakan empat unit dengan kapasitas masing-masing kapal 307 orang. Ditambah dengan kapal lain (kapal kapasitas kecil milik masyarakat yang menghubungkan antara pulau terdekat, red),” ucapnya.

Saat ini, lanjut dia, arus mudik sudah mulai terjadi. Kondisi penumpang di Pelabuhan Murhum Kota Baubau sudah mulai bertambah. Khususnya penumpang yang turun dari Kapal Pelni yang berlayar dari kawasan timur Indonesia. “Sejak tiga hari lalu arus mudik di pelabuhan Murhum Baubau sudah mulai terasa. Kapal Ngapulu rute Makasar-Baubau-Ambon yang berlabuh kemarin malam menurunkan penumpang 1.337 orang dan penumpang naik 666 orang. Kapal Ciremai rute Ambon-Baubau-Sorong menurunkan penumpang 1.600 orang,” terangnya.

Meski belum terlalu signifikan, jumlah penumpang itu sudah mulai mengalami kenaikan dari hari normal. Dan akan terus bertambah mengingat libur sekolah akan segera dilakukan. “Kepadatan penumpang kita perkirakan akan mulai terjadi pada H -3 sampai H -1 sebelum lebaran idul fitri. Penumpang turun bisa mencapai 2.000 lebih,” tutup Ketua Posko Terpadu Angkutan Lebarang 1440 Hijriah/2019 Masehi itu. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy