Pemkab Kolut Optimis Tekan 10 Persen Angka Kemiskinan – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pemkab Kolut Optimis Tekan 10 Persen Angka Kemiskinan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) optimis mampu menekan angka kemiskinan sebesar 10 persen pada tahun 2020. Sektor perkebunan dan pertanian sebagai jalan utama untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan. Wakil Bupati Kolut, H. Abbas mengatakan gambaran umum kondisi fiskal Kolut berdasarkan penganggaran APBD 2019 dipandang masih tergolong rendah. Hal itu sangatlah terbatas jika dibanding dengan kebutuhan daerah. “Kebutuhan setiap tahun semakin besar namun keuangan terbatas,” ujarnya, Rabu (23/5).

Wakil Bupati Kolut, H. Abbas

Dampaknya lanjut Abbas, banyak usulan aspirasi pembangunan dari masyarakat terpaksa dibatasi atau dipilah yang bersifat urgen saja. Meski begitu, upaya pemkab dalam menekan angka kemiskinan di daerah tersebut tetap memperlihatkan penurunan meskipun berjalan lamban.
Ambil contoh, pada 2016 silam, angka persentase penduduk miskin Kolut sebesar 17,11 persen. Hal itu tergolong sangatlah tinggi. Meski begitu, setahun berikutnya menyusut menjadi 16,24 persen. “Tentu ini masih sangat tinggi seiring laju pertumbuhan penduduk yang cepat disertai dengan jumlah kebutuhan yang juga meningkat,” imbuh H.Abbas. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top