Pariwara
Metro Kendari

Muatan Berlebih, Bus Antar Kota Ditilang

Personel BPTD Wilayah XVIII Kemenhub bersama kepolisian menerunkan muatan bus antar kota yang melebihi kapasitas, di Terminal Puuwatu, kemarin (17/5).

KENDARIPOS.CO.ID — Pemeriksaan kelayakan transportasi darat saat Ramadan makin intens dilaksanakan. Inspeksi keselamamatan angkutan lalu lintas darat alias ramp check menyasar angkutan kota antar provnsi (AKAP) dan angkutan kota dalam provinsi (AKAP). Ramp check yang digelar Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Kementerian Perhubungan Sultra, Dirlantas Polda Sultra dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra melakukan tindakan langsung (tilang) kepada sebuah bus akibat kelebihan muatan, Jumat (17/5).

Kepala BPTD wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf, mengatakan, bus yang ditilang itu karena melanggar pasal 277 UU 22 tahun 2009 tentang pelanggaran dimensi. Jadi kendaraan ini dimodifikasi secara sepihak oleh pemilik. Dengan menempatkan ruang bagasi diatas kap. “Kita lihat, kap bagasi ini sudah melanggar, apalagi ini diisi dengan kayu. Kayu adalah salah satu jenis barang yang berat. Ini sangat bahaya, karena titik berat dari pada kendaraan ini bergeser. Letaknya ada diatas bukan di bawah. Sehingga bila terjadi oleng bisa terbalik,”terangnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy