Pariwara
Nasional

MK Terima 11 Gugatan PHPU dari Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerima sejumlah gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019. Berdasarkan ketentuan, pengajuan gugatan untuk pemilihan anggota legislatif (Pileg) selambat-lambatnya dilakukan 3×24 jam setelah penetapan rekapitulasi secara nasional oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI atau tepat pada Jumat pukul 01.46 WIB. Sementara batas pengajuan gugatan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP) yakni Jumat pukul 24.00 WIB.

Di Sulawesi Tenggara (Sultra), ada 11 pengajuan PHPU ke MK. Hal itu disampaikan Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib saat disambangi di ruang kerjanya, Jumat (24/5). “Untuk peserta dari partai politik ada sepuluh. Sementara calon DPD hanya satu orang mengajukan gugatan. Tidak ada PPWP,” ungkap Abdul Natsir, kemarin.

Terhadap gugatan tersebut, kata dia, KPU Sultra akan mengikuti seluruh proses yang ada, sesuai ketentuan perundang-undangan. MK akan melakukan pemeriksaan kelengkapan permohonan pemohon dalam rentang waktu 21 Mei hingga 27 Mei 2019, setelah menerima gugatan. Dirinya menyebut, perkara akan resmi disidangkan hanya jika telah dikeluarkan nomor registrasi perkara atau dicatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). “Saat ini, 11 daftar gugatan baru dalam bentuk akta pengajuan permohonan (APP),” jelasnya.

Apabila pemeriksaan kelengkapan berkas permohonan telah dilaksanakan, maka proses selanjutnya adalah perbaikan kelengkapan berkas yang dapat dilakukan dari 28 Mei hingga 31 Mei 2019. Barulah setelah dikeluarkan nomor registrasi perkara yang dicatat dalam BRPK, maka dilakukan penyampaian salinan permohonan dan pemberitahuan sidang. Termasuk pemberitahuan hari sidang pertama pada pemohon, termohon, pihak terkait serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yakni pada 1 Juli 2019. “Apabila sudah teregistrasi, KPU provinsi akan menerima berkas lengkap yang akan menjadi dasar bagi kami selaku pihak termohon untuk memberikan jawaban,” terang mantan Ketua KPU Kota Kendari ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy