Pariwara
Edukasi

Kurangi Sampah Plastik, MAN IC Launching Zero Waste

Tumbler merupakan pengganti gelas atau botol minum sekali pakai yang biasa dikomsumsi oleh siswa MAN IC hampir setiap hari. Hal ini sebagai bagian dari gerakan cinta lingkungan untuk mendukung pengurangan jumlah sampah. “Jumlah siswa MAN IC 300, kalau setiap hari buang 1 botol plastik dikalikan 30 hari jadi 9000. Sehingga dalam setahun jumlah sampah di lingkungan MAN IC Kendari sebanyak 108.000 sampah,” ujarnya.
Dijelaskan bahwa setiap kegiatan yang menyajikan makanan atau konsumsi maka dipastikan tidak ada yang menghasilkan sampah plastik. Hal ini juga sejalan dengan fatwa MUI Nomor 47/2014 tentang Pengelolaan Sampah Untuk Mencegah Kerusakan Lingkungan yang menyebutkan setiap muslim wajib menjaga kebersihan lingkungan, memanfaatkan barang-barang gunaan untuk kemaslahatan serta menghindarkan diri dari berbagai penyakit serta perbuatan tabdzir dan israf “Tabdzir adalah menyia-nyiakan barang/harta yang masih bisa dimanfaatkan menurut ketentuan syar’i ataupun kebiasan umum di masyarakat. Israf adalah tindakan yang berlebih-lebihan, yaitu penggunaan barang/harta melebihi ebutuhannya,” tutupnya. (m3/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy