Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Jelang Idul Fitri, BI Sultra Jamin Kebutuhan Uang Masyarakat

KENDARIPOS.CO.ID — Meningkatnya kebutuhan hidup masyarakat dibulan Ramadan ini,  berdampak pada permintaan uang Rupiah di perbankan. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sultra dalam acara Bincang Bareng Media (BBM) di Aula BI, Kamis (23/5) malam lalu, merilis jumlah kebutuhan uang masyarakat dalam Ramadam tiga minggu terakhir. Hasilnya, jumlah penarikan uang Rupiah oleh perbankan tercatat Rp 1,3 triliun atau sekitar 8,5 persen.  “Khusus penukaran uang Rupiah dalam pecahan yang lebih kecil baru Rp 9 miliar atau sekitar 55,6 persen,” ungkap Kepala KPw BI Sultra, Suharman Tabrani.

Bincang Bareng Media (BBM) terkait persediaan uang Rupiah selama Ramadan dan jelang Lebaran yang dilaksanakan BI Sultra, Kamis (23/5) malam lalu.

Melihat tingginya permintaan uang dari masyarakat, Suharman mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir akan kekuarangan uang rupiah. Sebab, pihaknya telah mengantisipasinya dengan menyiapkan kurang lebih Rp 2,4 triliun untuk kebutuhan uang outflow selama ramadan dan jelang lebaran Idul Fitri ke depan. “Dari angka Rp 2,4 triliun itu, yang tersalurkan baru 10 persen. Penyalurannya memang sedikit lambat dikarenakan Tunjangan Hari Raya (THR) ASN yang belum cair. Kira-kira nanti minggu depan baru terlihat menuju target,” ungkapnya.

Mantan Kepala KPw BI Balikpapan itu menambahkan, khusus penukaran uang Rupiah dalam pecahan kecil, saat ini progresnya sangat baik. Dimana uang yang disediakan disetiap titik penukaran uang Rupiah sekitar Rp 500 juta per titik, itu selalu tertukar habis. 

“Antusias masyarakat menyambut Ramadan cukup tinggi. Banyak masyarakat yang menukarkan uangnya kedalam pecahan yang lebih kecil untuk keperluan berbelanja dan berbagi,” tuturnya.

Sekadar informasi, dalam mendorong kestabilan harga dibulan Ramadan dan jelang Lebaran tahun ini, Bank Indonesia bersama dengan perbankan yang ada Sultra melalui Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sultra turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pasar murah. Dimana BI telah menyalurkan sebanyak 1.300 kupon sembako yang tersebar pada pasar murah yang digelar di Sultra pada tanggal 19 – 20 Mei 2019 dan 22 – 23 Mei 2019 kemarin. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy