Pariwara
HEADLINE NEWS

Hari Ini, KPU Sultra Mulai Pleno, Caleg Tak Bisa Ajukan PHPU

KENDARIPOS.CO.ID — Rangkaian pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 masih berlangsung. Khusus di Sulawesi Tenggara (Sultra), proses rekapitulasi hasil Pemilu tingkat provinsi bakal dimulai, hari ini (8/5). Puncaknya, baik hasil Pileg maupun Pilpres akan diumumkan 22 Mei mendatang. Setelah itu, peserta pemilu sudah bisa mengajukan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

Hanya saja perlu dipahami, khusus persoalan Pileg, calon legislatif (Caleg) tidak bisa langsung mengajukan PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab, hanya peserta pemilu yang bisa melakukan itu. Yakni, partai politik (Parpol) dan calon anggota DPD RI. Hal itu diungkapkan Panitera Pengganti MK, Achmad Edi Subiyanto.

“Hanya peserta pemilu yang punya legal standing mengajukan PHPU. Yakni parpol dan calon perseorangan. Termasuk parpol lokal peserta pemilu. Sementara termohonnya adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU),” ungkap Achmad Edi Subiyanto. PHPU Pileg, lanjut dia penyelesaian perkaranya selama 30 hari. Objeknya adalah penetapan hasil Pemilu. “Jika KPU ada kesalahan hitung hasil Pemilu, maka dapat mengajukan PHPU ke MK,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy