Pariwara
Metro Kendari

Dikbud Sultra Siapkan Beasiswa Guru Produktif, Anggarannya Rp 600 Juta

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra menggelontorkan dana senilai Rp 600 juta tahun ini untuk beasiswa pendidikan guru produktif. Lembaga yang dipimpin Asrun Lio itu menggagas program itu untuk meningkatkan kapasitas tenaga pengajar SMK di Bumi Anoa. Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio, mengatakan inovasi ini sedang dalam proses penjajakan dengan Universitas Halu Oleo (UHO). Program beasiswa itu, sebagai upaya meningkatkan produktivitas guru-guru normatif yang ada di SMK. Sebab, saat ini Sultra sangat kekurangan guru produktif.

Asrun Lio

Menurut akademisi UHO itu, perlu adanya minat setiap guru untuk mengembangkan kemampuan diri menjadi guru produktif. Misalnya, guru mata pelajaran fisika mau beralih dan mengembangkan diri ke jurusan teknik elektro. “Itu bisa mendaftarkan diri, mengikuti program pendidikan guru produktif Dikbud Sultra,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/5).

Ia mengungkapkan program beasiswa tahun ini hanya menyediakan kuota 40 orang. Masing-masing penerima beasiswa akan diberikan bantuan dana Rp 15 juta. Lembaganya akan bekerjasama dengan UHO sebagai tempat guru produktif menempuh pendidikan. Secara terpisah, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dikbud Sultra, L.M Shalihin, mengungkapkan jumlah guru produktif di Sultra masih kurang. Saat ini guru produktif di SMK lebih sedikit dibandingkan dengan guru normatif. “Guru-guru produktif yang ada sekarang sudah memasuki usia pensiun, sehingga terus berkurang. Kita berharap, kekurangan ini bisa ditutupi dengan program beasiswa pendidikan yang sedang dipersiapkan tahun ini,” ungkapnya saat ditemui, kemarin. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy