Caleg Terpilih Dilantik Tak Serentak, KPU: Disesuaikan AMJ Anggota DPRD 2014-2019 – Laman 4 – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Caleg Terpilih Dilantik Tak Serentak, KPU: Disesuaikan AMJ Anggota DPRD 2014-2019

Beberapa daerah di Sultra kata dia, ada yang masa jabatan DPRD berakhir bersamaan. Misalnya Wakatobi, Buton dan Bombana. Kemudian Kolaka dan Kolaka Utara juga punya momentum pelantikan yang sama. “Waktu pelantikannya bisa saja sama, tapi kan di daerah masing-masing lokasinya,” terangnya.

Sebelum lebih jauh membahas pelantikan, menurut dia semua calon terpilih tetap menunggu SK lebih dulu. “Kalau DPRD Provinsi itu SK nya ditekan Mendagri. Kalau kabupaten tandatangan gubenur. Tapi kita masih menunggu semua proses tuntas dulu,” tuturnya.

Sekretaris DPRD Sultra Robert Piter Raru mengatakan, proses pelantikan anggota DPRD priode 2019-2024 menunggu AMJ legislator sebelumnya. “UU mengatakan sesuai akhir masa jabatan. Jadi sesuai jadwal proses pelantikan akan dilakukan pada 6 Oktober mendatang,” jelasnya.

Pelantikan anggota DPR, DPRD Provinsi dan kabupaten/kota tetap mengacu pada akhir masa jabatan (AMJ) anggota legislatif periode sebelumnya juga diungkapkan Plt Dirjend Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Masa jabatan mereka (wakil rakyat, red) 5 tahun, itu sesyau petunjuk UU. Tidak ada Pj atau Plt untuk anggota DPR, DPRD Provinsi dan kabupaten/kota,” kata Akmal saat dihubungi Kendari Pos, melalui sambungan telponnya di Jakarta kemarin. Ses Dirjend Otda ini menambahkan, sesuai aturan yang sudah ada, maka proses pelantikan wakil rakyat yang baru tetap mengacu pada AMJ masing-masing. “Semua akan disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing. Jadi tidak akan serentak proses pelantikannya,” imbuhnya. (b/m7/yog/lyn)

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top